Gorontalo (ANTARA) - Pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan, menggunakan tiga unit perahu rakyat.

"Hari ini seluruh logistik khususnya kotak suara dan formulir serta alat kelengkapan yang akan digunakan di hari pemungutan suara nanti, selain surat suara telah didistribusikan ke wilayah Ponelo Kepulauan," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Sofyan Jakfar, di Gorontalo, Minggu.

Alat kelengkapan tersebut didistribusikan menggunakan perahu rakyat melalui Pelabuhan Kwandang.
"Seluruhnya telah tiba di Ponelo Kepulauan dengan aman dan selamat," ujarnya.

Sama halnya dengan pendistribusian di wilayah kecamatan lainnya, kotak suara untuk Ponelo Kepulauan pun dikemas dengan plastik khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebab harus menyeberang lautan.

"Meski kotak suara berbahan dupleks itu anti air, namun tetap diberi perlakuan khusus dalam pengemasannya, untuk menjamin keamanan saat pendistribusian," tambahnya.

Sementara itu, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ponelo Kepulauan, Gusten Olii mengatakan, pihaknya telah menerima seluruh alat kelengkapan yang didistribusikan pihak KPU Kabupaten.

Khusus kotak suara, totalnya sebanyak 83 buah yang akan disebar di 14 tempat pemungutan suara (TPS) di empat desa yang ada di kecamatan itu.
Pihaknya memanfaatkan satu ruangan di kantor camat setempat, untuk menyimpan seluruh alat kelengkapan yang diperlukan.

Gusten menyebut, sebanyak 2.775 wajib pilih dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Termasuk enam pemilih dalam daftar pemilih khusus (DPK) yang akan menyalurkan hak suaranya di kecamatan kepulauan satu-satunya di kabupaten itu.
Distribusi alat kelengkapan untuk Pemilu 2019 di Kecamatan Ponelo Kepulauan. (Foto Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019