Jakarta (ANTARA) - Musim reguler kompetisi basket profesional Amerika Serikat, NBA, tengah memasuki dua hari pamungkasnya. Pada pertandingan satu hari sebelum hampir semua tim NBA menutup jadwal musim regulernya, Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi WIB besok, dua legenda NBA menyampaikan perpisahan. Magic Johnson yang menjadi bos Los Angeles Lakers mundur dari jabatan presiden klub ini, sedangkan jagoan Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki, resmi mundur dari basket profesional NBA.

Berikut ringkasan hasil pertandingan NBA yang dilangsungkan sepanjang Selasa malam waktu AS atau Rabu pagi WIB tadi, seperti dikutip Reuters.

Dallas Mavericks 120, Phoenix Suns 109
Dalam pertandingan kandang terakhir, legenda Dirk Nowitzki pensiun dengan memasukkan angka 30 poin untuk Dallas Mavericks yang menghempaskan tamunya Phoenix Suns, Selasa malam waktu setempat
Nowitzki (40) mengumumkan mundur dari basket setelah pertandingan ini.

Miami Heat 122, Philadelphia 76ers 99
Dwyane Wade memainkan pertandingan kandang terbaik dalam karir NBA dengan mencetak 30 poin untuk mengantarkan Miami menaklukkan Philadelphia. tetapi Heat gagal masuk playoff setelah saat bersamaan Detroit Pistons mengalahkan Memphis Grizzlies.
Sedangkan Philadelphia sudah lolos playoff dengan menduduki urutan ketiga Wilayah Timur. Pada laga ini, Sixers mengistirahatkan dua bintangnya; Joel Embiid dan JJ Redick.

Golden Stater Warriors 112, New Orleans Pelicans 103
DeMarcus Cousins mengemas 21 poin dan 12 rebound ketika Golden State menaklukkan New Orleans.
Warriors sudah lolos ke playoff sehingga mengistirahatkan Kevin Durant, Klay Thompson, Andre Iguodala dan Andrew Bogut, sedangkan Stephen Curry bermain sembilan menit sebelum ditarik keluar karena cedera.

Baca juga: Raptors finis kedua terbaik Wilayah Timur

Toronto Raptors 120, Minnesota Timberwolves 100
Kawhi Leonard mencetak 20 poin ketika Toronto menuntaskan jadwal musim reguler dengan menghempaskan tuan rumah Minnesota.
Raptors (58-24) finis kedua terbaik di Wilayah Timur di bawah Milwaukee Bucks (60-21) yang akan menjalani pertandingan terakhir musim reguler Kamis pagi WIB esok.

Utah Jazz 118, Denver Nuggets 108
Donovan Mitchell kembali mencetak poin terbesar dalam karirnya dengan 46 poin untuk memimpin Utah melumat Denver di Salt Lake City. Utah memastikan menjadi Unggulan Nomor 5 playoff Wilayah Barat.

Portland Trail Blazers 104, Los Angeles Lakers 101
Pertandingan yang satu jam sebelumnya didahului pengumuman mundur bos Lakers, Magic Johnson, ini sudah tak menentukan untuk Blazers. Tetapi Blazers tak mau menyenangkan Lakers yang berharap mengakhiri musim yang buruk dengan menutup kemenangan di kandang.
Blazers memastikan keuntungan tampil lebih banyak di kandang pada playoff Wilayah Barat nanti setelah Maurice Harkless memasukkan lemparan tiga angka tepat saat buzzer berbunyi. Blazers bisa menyalip Rockets ke urutan tiga Wilayah Barat jika menang melawan Sacramento Kings, Kamis pagi esok.

Oklahoma City Thunder 112, Houston Rockets 111
Russell Westbrook mencetak 29 poin, tetapi lemparan tiga Paul George pada 1,8 detik terakhir yang justru berjasa mengantarkan Oklahoma City menaklukkan tamunya Houston Rockets.
Kemenangan ini membuat Thunder berkesempatan menduduki peringkat enam Wilayah Barat, sedangkan kekalahan yang diderita Denver Nuggets pada hari yang sama membuat Houston berpeluang finis pada urutan kedua jika memenangkan pertandingan terakhirnya.

Baca juga: George membuat Thunder atasi Rockets 112-111

Boston Celtics 116, Washington Wizards 100
Terry Rozier memimpin tujuh pemain Boston yang mencatat double figure, dengan 21 poin untuk melumat tim tamu Washington Wizards.
Boston yang bermain tanpa Marcus Smart, Jayson Tatum, Kyrie Irving, Al Horford, Marcus Morris, Aron Baynes dan Gordon Hayward, akan menempati Unggulan Nomor 4 playoff Wilayah Timur.

Detroit Pistons 100, Memphis Grizzlies 93
Andre Drummond mencetak 20 poin dan 17 rebound saat Detroit membalikkan defisit 22 poin guna menundukkan Memphis. Kendati menang, Pistons belum bisa memastikan finis pada posisi kedelapan atau jatah terakhir playoff Wilayah Barat setelah pada hari yang sama Charlotte Hornets mengalahkan Cleveland Cavaliers.
Pada pertandingan terakhir Kamis pagi esok, Detroit akan ditantang Knicks di New York, sedangkan Hornets menjamu Orlando Magic.

Charlotte Hornets 124, Cleveland Cavaliers 97
Kemba Walker dan Jeremy Lamb masing-masing mencetak 23 poin untuk menghidupkan asa Charlotte lolos ke playoff setelah menaklukkan tuan rumah Cleveland. Hornets mencatat rekor poin tertinggi musim ini dengan berhasil pada 22 dari 44 lemparan tiga angka dan memiliki efektivitas lemparan 57,7 persen.

New York Knicks 96, Chicago Bulls 86
Dennis Smith Jr. mencetak 25 poin, sedangkan Kevin Knox dan Luke Kornet mencatat double-double untuk mengantarkan New York melewati hadangan tuan rumah Chicago. Knox mengemas 17 poin dan 10 rebound, sedangkan Kornet mencetak 12 poin dan 13 rebound untuk Knicks (17-64) yang menjadi tim terburuk NBA musim ini.
Sedangkan Bulls menutup pertandingan kandang dengan catatan sama buruknya dengan 9 menang 32 kalah.

Baca juga: Dirk Nowitzki resmi pensiun
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019