Kupang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur memastikan akan mengawal proses distribusi logistik Pemilu 2019 menuju empat kecamatan di wilayah perbatasan dengan Oecusse, Timor Leste agar semua logistik pemilu diterima dengan aman.

"Kami pastikan akan ada pengawalan dilakukan Bawaslu Kabupaten Kupang dalam pendistribusian logistik pemilu menuju kawasan perbatasan mulai Minggu (14/4)," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martoni Reo ketika dihubungi Antara di Kupang, Sabtu.

Martoni menegaskan, komisioner Bawaslu Kabupaten Kupang jumlahnya terbatas namun dapat dipastikan dalam pendistribusian logistik pemilu ke ke kawasan perbatasan Kabupaten Kupang dengan Oecusse, Timor Leste berlangsung dalam pengawalan Bawaslu.

"Kami akan membagi tugas agar dalam distribusi logistik pemilu ke kawasan perbatasan harus ada petugas Bawaslu yang ikut mengawal logistik hingga ke kecamatan," tegas Martoni.

Ia mengatakan, pengawalan dilakukan Bawaslu untuk memastikan distribusi logistik pemilu 2019 di kabupaten Kupang dilakukan dengan aman dan tepat waktu tiba di kecamatan.

"Pengawalan logistik dari kecamatan ke desa akan dilakukan Panwas di kecamatan yang telah siap mengawal pelaksanaan pemilu 2019," kata Martoni.

Menurut dia, pengawalan distribusi logistik pemilu sangat penting dilakukan Bawaslu karena distribusi logistik pemilu dilakukan hingga ke desa-desa yang berada di pedalaman serta terisolir dari akses transportasi.

Ia mengatakan, pengawalan dilakukan Bawaslu mulai dari penyortiran logistik, pengepakan dan berlanjut dalam pendistribusian logistik dari ibu kota Kabupaten Kupang hingga ke kecamatan dan desa serta TPS.
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019