Yang paling penting itu, pertama mengembangkan industri yang berbasis pertanian dan perikanan dalam arti luas
Jakarta (ANTARA) - Ekonom Perbanas Institute Hermanto Siregar menyarankan dua pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden agar mengembangkan industri yang berbasis pertanian dan perikanan.

"Yang paling penting itu, pertama mengembangkan industri yang berbasis pertanian dan perikanan dalam arti luas," tutur Rektor Perbanas Institute itu kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Guru besar ilmu ekonomi itu mengungkapkan pentingnya pengembangan industri berbasis pertanian dan perikanan ini karena kedua sektor tersebut merupakan kekuatan Indonesia.

"Kalau kita mengembangkan industri yang tidak terkait dengan pertanian dan perikanan dalam arti luas tersebut maka ada yang tidak nyambung. Selama ini orang-orang membayangkan bahwa pengembangan industri itu harus bertumpu pada industri mobil atau elektronik, memang pengembangan industri sah-sah saja untuk dilakukan demi meningkatkan pendapatan tetapi apakah ada dampaknya kepada para petani dan nelayan," ujar pakar ekonomi tersebut.

Dia juga menambahkan bahwa jika industri-industri yang terkait komoditas pertanian seperti sawit dikembangkan maka permintaan terhadap komoditas-komoditas tersebut meningkat lalu harganya ikut naik sehingga pendapatan petani juga bertambah.

"Pengembangan industri berbasis pertanian dan perikanan adalah yang paling utama, berikutnya boleh dilakukan pengembangan pada industri-industri berbasis kimia atau oil chemical di mana jika industri berkembang maka berbagai kebutuhan kita untuk industri-industri lanjutannya itu akan tinggi," tutur Hermanto.

Debat kelima Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang digelar pada Sabtu malam ini akan membahas sejumlah tema, yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial, investasi, keuangan dan industri.

Debat kelima ini akan menghadirkan kedua paslon presiden dan wakil presiden, baik paslon nomor urut 01 maupun paslon nomor urut 02, sekaligus menutup rangkaian debat pilpres serta kampanye Pemilu 2019.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon yaitu pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma"ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Ekonom: diperlukan regulasi pertanian yang pro industri 4.0

Baca juga: Pengamat: industri 4.0 berpotensi hadirkan "middleman" pertanian


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019