counter

Menristekdikti minta UNNES lakukan perubahan pengelolaan kampus

Menristekdikti minta UNNES lakukan perubahan pengelolaan kampus

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat memberikan keterangan di Semarang, Selasa. (Indriani)

Jika ingin meningkat menjadi perguruan tinggi reputasi dunia maka harus meningkat menjadi PTN Berbadan Hukum
Semarang (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan Universitas Negeri Semarang (UNNES) harus melakukan perubahan dalam pengelolaan kampus agar meraih reputasi dunia.

"Kami ingin mendorong UNNES melakukan perubahan mendasar dalam pengelolaan perguruan tinggi. Saat ini sudah baik, tapi kami ingin meningkat lagi sehingga bereputasi dunia," ujar Nasir di UNNES, Semarang, Selasa (16/4).

Dia menjelaskan UNNES sudah mengalami kemajuan yang cukup baik dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Untuk menjadi kampus bereputasi dunia perlu ada terobosan dengan memperbaiki struktur yang ada, memperbaiki sumber daya manusia dan mempertahankan proses yang ada di dalamnya.

"Ini harus dilakukan, kalau tidak maka sulit akan maju," kata dia lagi.

Saat ini, status UNNES masih PTN Badan Layanan Umum. Menurut Nasir jika ingin meningkat menjadi perguruan tinggi reputasi dunia maka harus meningkat menjadi PTN Berbadan Hukum.

Menurut Nasir, jika publikasi, pembelajaran dan tata kelola sudah bagus maka akan mudah menjadi kelas dunia. Namun jika masih belum bagus, maka akan sulit mengejarnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan pemerintah berupaya menyelesaikan pembangunan gedung mangkrak di sejumlah PTN dengan menganggarkan dana sebesar Rp2,7 triliun. Pada tahun ini pemerintah menargetkan penyelesaian gedung mangkrak yang ada di 38 PTN.

Pewarta: Indriani
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar