Jakarta (ANTARA) - Selain Roma, Venesia dan Florence, Italia juga memiliki beberapa tempat lain yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, sebab destinasi yang akan dibahas berikut ini juga menawarkan kebudayaan yang dinamis.

Jika Anda berencana untuk liburan ke Italia tahun ini, mungkin harus coba mengunjungi Matera, Ischia, Piedmont, Puglia, Emilia-Rogmana dan Palermo. Tempat tersebut memang belum terlalu banyak dikunjungi oleh pelancong namun wajib masuk dalam daftar destinasi tujuan Anda, berikut adalah penjelasannya dilansir Huffpost, Sabtu.

1. Matera
 
Destinasi Matera di Italia (ANTARA News/Pinterest)

​​​​​​​
Komisi Eropa memberi julukan kepada Matera sebagai kota Budaya Eropa tahun ini bersama Plovdiv di Bulgaria. Kota ini juga masuk dalam daftar perjalanan 2019 seperti 50 Tempat Terbaik untuk Travel 2019 oleh Travel and Leisure, Perjalanan Terbaik 2019 oleh National Geographic dan 20 Tempat Wisata Terbaik 2019 oleh Architectural Digest. Di sini Anda dapat melihat Sassi dan taman Gereja Rupestrian serta gua-gua yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 1993.

2. Ischia
​​​​​​​
Destinasi wisata di Ischia, Italia (ANTARA News/Pinterest)


Ischia adalah sebuah pulau vukanik di Teluk Napoli. Destinasi ini masuk daftar 50 Tempat Terbaik untuk Travel 2019 versi Travel and Leisure. Pantai-pantai yang menakjubkan menarik banyak wisatawan. Sedangkan Kastil Aragonnya sangat cocok untuk para penggemar sejarah. Di sini juga ada Gunung Epomeo yang menawarkan pemandangan dari puncak tertinggi di pulau itu.

3. Piedmont
​​​​​​​
Destinasi wisata di Piedmont, Italia (ANTARA News/Pinterest)


Berbatasan dengan Prancis dan Swiss, tempat ini menawarkan beberapa resor ski dan pemandangan pegunungan Alpen yang indah. Turin, ibukota dari wilayah ini merupakan rumah bagi Museum Otomotif Nasional sekaligus pabrik bekas Lingotto Fiat yang menampilkan jalur uji coba di atas atap. Ivrea juga memiliki kompetisi makanan besar-besaran setiap tahunnya.

4. Puglia
​​​​​​​
Destinasi wisata di Puglia, Italia (ANTARA News/Pinterest)


Wilayah ini menampilkan rumah-rumah batu kapur Alberobello yang dikenal sebagi Trulli, salah satu dari beberapa lokasi di Italia yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Tahun lalu GQ menyebutkan bahwa Puglia adalah destinasi wisata kuliner di Italia yang tidak boleh diabaikan. Puglia juga menawarkan beberapa pantai indah serta kota Barok Lecce yang menjadi tujuan wisata paling populer di wilayah tersebut.

5. Emilia-Rogmana
​​​​​​​
Destinasi wisata di Emilia-Rogmana, Italia (ANTARA News/Pinterest)


Tempat ini masuk dalam daftar 52 Tempat untuk Traveling versi The New York Times tahun 2018 dan tahun ini, beberapa kota muncul pada rekomendasi perjalanan 2019 dari Mic dan Forbes. Italia secara keseluruhan bisa dibilang sebagai salah satu negara terbaik bagi pecinta kuliner. Wilayah yang paling dituju adalah Parma dengan prosciutto dan tagliatelle Bologna yang menjadi ciri khasnya.

6. Palermo
​​​​​​​
Destinasi wisata di Palermo, Italia (ANTARA News/Pinterest)


Di sini Anda dapat menjumpai Katedral Palermo yang menampilkan makam kerajaan, tempat ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan saat mengunjungi Sisilia seperti juga Istana Norman dan Palatine Kapel. Kalau mau melihat kehidupan lokal, Anda bisa mengunjungi Ballarò Street Market atau jika ingin melihat pemandangan bisa pergi mengunjungi Gunung Pellegrino yang menawarkan pemandangan kota.


Baca juga: Lima jalanan yang sedang trendi di Korea Selatan

Baca juga: Jelajah salju Uludag sambil menjajal Prograde Camera Galaxy S10

Baca juga: Istanbul 360 derajat dari Galata
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019