counter

Turki kutuk pertemuan Macron dengan PYD/YPG

Turki kutuk pertemuan Macron dengan PYD/YPG

Turki pada Jumat (19/4) mengutuk pertemuan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dan satu delegasi kelompok yang dinamakan SDF, yang dipimpin oleh cabang kelompok teror PKK di Suriah. (Antara photo)

"Kami mengutuk bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron menerima delegasi yang disebut Pasukan Demokratis Suriah (SDF), yang dipimpin oleh PYD/YPG --cabang kelompok teror PKK di Suriah," kata Hami Aksoy.
Ankara (ANTARA) - Turki pada Jumat (19/4) mengutuk pertemuan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dan satu delegasi kelompok yang dinamakan SDF, yang dipimpin oleh cabang kelompok teror PKK di Suriah.

"Kami mengutuk bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron menerima delegasi yang disebut Pasukan Demokratis Suriah (SDF), yang dipimpin oleh PYD/YPG --cabang kelompok teror PKK di Suriah," kata Hami Aksoy, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki, di dalam satu pernyataan.

"Upaya ini untuk memberi keabsahan palsu buat perluasan kelompok teroris adalah langkah yang keliru yang tidak sejalan dengan hubungan persekutuan," tambah Aksoy, sebagaimana dikutip Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi.

Ia menggaris-bawahi bahwa penting untuk menghalangi setiap agenda yang ditujukan pada persatuan politik dan keutuhan wilayah Suriah.

Aksoy juga kembali mengatakan Turki takkan ragu untuk melakukan tindakan pencegahan yang perlu guna menjamin keamanan nasionalnya.

Dalam lebih dari 30 tahun aksi teror terhadap Turki, PKK --yang dimasukkan ke dalam organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa-- telah bertanggung-jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk perempuan dan anak kecil.

AS, yang menganggap PKK sebagai organisasi teroris, mengubah nama YPG menjadi SDF pada Juli 2017 untuk menjauhkannya dari PKK.

Sumber: Anadolu
 

Ketua Kadin beri ucapan selamat ke Jokowi

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar