counter

Kiat Artika Sari Devi ajarkan puasa kepada anak

Kiat Artika Sari Devi ajarkan puasa kepada anak

Artika Sari Devi bersama anak keduanya Zoe di Zwitsaland, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/19) (ANTARA News/ Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Model sekaligus pemain film Artika Sari Devi berbagi kiat mengajarkan puasa kepada anak-anaknya, jelang Ramadan yang akan dimulai pada awal Mei 2019.

"Sebenarnya (hal) yang penting adalah mengajarkan konsep (puasa). Kami (sebagai) orang muslim harus berpuasa," kata Artika di Jakarta, Sabtu.

Selebritas asal Bangka Belitung itu pun tidak langsung mengajarkan buah hatinya untuk berpuasa secara penuh. Artika memilih untuk mengajarkan arti berpuasa kepada anak-anaknya secara perlahan.

"Ajarkan anak untuk belajar (tentang) arti berpuasa, menahan lapar, tidak boleh makan, tidak boleh minum, tidak boleh marah-marah, harus belajar sabar," ujar Puteri Indonesia tahun 2004 itu.

Artika mengaku pengajaran secara perlahan itu cukup berhasil bagi Abby, putra pertamanya yang berusia sembilan tahun.. Abby sudah berpuasa dalam dua tahun terakhir. Sedangkan putrinya, Zoe yang berusia lima tahun, sudah mengenal puasa sejak berusia empat tahun.

"Zoe tahun lalu berhasil berpuasa setengah hari. Kalau Abby, awalnya (dia) puasa setengah hari. Lalu setengah bulan lainnya, dia sudah puasa secara penuh," katanya.

Selain mengajarkan arti menahan diri, Artika juga mengatakan tidak perlu ada menu favorit selama Ramadan. Perempuan berusia 39 tahun itu lebih memilih untuk memberikan makanan dengan kandungan nutrisi yang mencukupi dan cairan yang banyak.

"Menu puasa tidak perlu dipatok, yang penting harus sehat, tidak berminyak, bukan gorengan. Lebih baik perbanyak (konsumsi) sayur-sayuran dan makanan berkuah," kata Artika.

Baca juga: Mitos atau fakta, donor darah saat puasa memperburuk kesehatan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kirab bubur asyuro peringati 10 Muharam

Komentar