Metropolitan

558 warga terdaftar dalam DPT untuk ikut PSU Jakarta Pusat

558 warga terdaftar dalam DPT untuk ikut PSU Jakarta Pusat

Anggota KPU Kota Administrasi Jakarta Pusat Afif Rosadiansah. (ANTARA News/Laily Rahmawaty)

Kita berharap seluruh pemilih kembali menyalurkan hak pilihnya
Jakarta (ANTARA) - Pemungutan suara ulang (PSU) di wilayah Jakarta Pusat berlangsung di dua TPS yang ada di dua kelurahan, yakni Pasar Baru dan Sumur Batu dengan jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap sebanyak 558 orang.

Anggota KPU Kota Administrasi Jakarta Barat, Afif Rosadiansah saat ditemui di TPS 02 Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Sabtu, mengatakan jumlah DPT di TPS 02 sebanyak 278 dan TPS 69 Sumur Batu ada 280 orang.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 69 terdiri atas laki-laki 131 dan perempuan 149, total 280 pemilih.

DPT TPS 02 terdiri atas laki-laki 141, prempuan 137, total 278 pemilih.

"Kita berharap seluruh pemilih kembali menyalurkan hak pilihnya," kata Afif.

Afif mengatakan ada penurunan antusiasme masyarakat untuk kembali menyalurkan hak pilihnya. Sebagai contoh di TPS 02 Pasar Baru hingga pukul 10.20 WIB baru ada sekitar 110 pemilih yang datang menyalurkan hak pilihnya.

Menurut dia, pengalaman pelaksanaan PSU kurang diminati oleh masyarakat. Alasannya beragam, karena bingung kenapa harus mencoblos dua kali, merasa sudah pernah mencoblos dan kendala waktu.

"Masyarakat kadang bingung kenapa mereka mencoblos lagi. Yang kedua, karena sudah siapkan waktu untuk liburan," kata Afif.

Menurut Afif, PSU dilaksanakan sesuai rekomendasi Bawaslu. PSU di TPS 69 dan TPS 02 dikarenakan ada pemilih ber-KTP elektronik dari luar wilayah yang menyalurkan hak pilihnya.

Sebanyak 11 TPS di tiga Kota Administrasi DKI Jakarta melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar serentak Sabtu (27/4) besok.

Adapun 11 TPS yang melaksanakan PSU yakni di Jakarta Pusat ada TPS 02 Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar dan TPS 69 Sumur Besar, Kecamatan Kemayoran.

Delapan TPS di Jakarta Timur, yakni TPS 18 Malasari, Kecamatan Duren Sawit, TPS 101 Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, TPS 163 Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, TPS 34 Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, TPS 14 Cilangkap, Kecamatan Cipayung, TPS 02 Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, TPS 64 Rawa Mangun, Kecamatan Pulo Gadung, TPS 116 Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung.

Satu TPS di Jakarta Utara, yakni TPS 172 Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan.

Baca juga: Situng KPU : PDIP sementara perolehan 19,7 persen suara
Baca juga: Kapolda pastikan PSU di Kepri aman
Baca juga: Warga Noelbaki antusias ikut PSU

Pewarta: Sri Muryono dan Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Petahana unggul sementara di PSU Pilgub Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar