"Rakor ini merupakan sinergi dan upaya pemerintah pusat, daerah dan pelaku usaha pangan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok yang sudah berhasil dilakukan dalam 2 (dua) tahun terakhir," kata Kepala Badan Pengkajian d
Batam (ANTARA) (ANTARA) - Kementerian Perdagangan mengawal kesiapan pemerintah daerah, pelaku usaha, dan instansi terkait lain dalam mengantisipasi kenaikan harga serta kekurangan pasokan pangan di tiap wilayah.

"Rakor ini merupakan sinergi dan upaya pemerintah pusat, daerah dan pelaku usaha pangan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok yang sudah berhasil dilakukan dalam 2 (dua) tahun terakhir," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan(BP3), Kasan di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Dalam rakor itu, ia menginstruksikan pemerintah daerah untuk memantau dan melaporkan perkembangan harga harian di pasar guna menghadapi potensi kenaikan permintaan bahan pokok.

Pemerintah daerah juga diharapkan dapat melaporkan perkembangan kelancaran distribusi dan jumlah pasokan bahan pokok.

Ia menjelaskan, pemerintah merancang langkah-langkah dalam menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok.

Langkah-langkah itu antara lain identifikasi kecukupan bahan pokok di daerah melalui Rapat Koordinasi Nasional, kemudian pemantauan langsung ke pasar rakyat, ritel modern, gudang Bulog, distributor di 34 ibu kota provinsi.

Lalu, pengawalan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga bahan pokok ke pasar melalui penetrasi pasar di 82 kabupaten/kota yang melibatkan seluruh Jajaran Eselon I dan II Kementerian Perdagangan.

Dalam kesempatan itu, Kasan juga mengharapkan pemerintah daerah melakukan beberapa upaya strategis guna menjamin kelancaran stok dan stabilisai harga menjelang HBKN.

Upaya yang dilakukan antara lain memantau perkembangan harga dan pasokan dan memetakan jalur/rantai distribusi dan mengidentifikasi masalah apabila terjadi gejolak harga.

Kemudian mengidentifikasi stok bahan pokok dan ketahan pangan serta berkoordinasi dengan Satgas Pangan, mengawal kelancaran distribusi beras medium Bulog dalam program ketersediaan pasokan dan stabilisai harga (KPSH) serta membantu kelancaran pelaksanaan Rakorda dan penetrasi pasar.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019