Manado (ANTARA) - Pomal Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado melaksanakan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) di wilayah hukum pangkalan tersebut.

Kadispen Lantamal VIII, Mayor Laut (T), Yusuf Ali, di Manado, Minggu, mengatakan, operasi itu dipimpin Danpomal Lantamal VIII diwakili Kasi Hartib Mayor Laut (PM) Suwarsono.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pasca kegiatan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 dan juga untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1440 H," katanya.

Ia menambahkan, diharapkan dengan diadakannya Operasi Gaktib ini, seluruh umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan, dan ketenangan.

Sebelum melaksanakan Operasi Gaktib didahului dengan apel kelengkapan dan pengarahan oleh Kasi Hartib dilanjutkan menuju sasaran yang berada di Kota Bitung.

Pada kegiatan itu, petugas dengan menyisir sejumlah tempat hiburan malam seperti diskotik, tempat karaoke serta tempat terlarang lainnya bagi Prajurit TNI AL baik Personel Pendirat maupun KRI atau KAL.

Pada kegiatan itu, aparat memeriksa seluruh identitas pengunjung yang ada.

"Operasi Penegakan dan Ketertiban digelar dalam rangka untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak pelanggaran yang dilakukan Personel TNI AL yang ada di Kota Bitung sekaligus untuk menciptakan Kondisi Kota Bitung yang aman dan damai," katanya.

Adapun Hasil dari pelaksanaan operasi ini, tidak ditemukannya personel TNI maupun Polri yang berada di tempat – tempat hiburan malam.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019