Satgas Pangan Jember cek stabilitas harga kebutuhan pokok

Satgas Pangan Jember cek stabilitas harga kebutuhan pokok

Tim Satgas Pangan Jember, Jawa Timur, mengecek harga kebutuhan pokok dan ketersediaan komoditas pangan di Pasar Tanjung Jember, Rabu (8/5/2019). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

"Alhamdulillah hasil inspeksi mendadak yang dilakukan kedua tim Satgas Pangan di beberapa pasar tradisional yakni harga kebutuhan bahan pokok masih stabil dan ketersediaan komoditas pangan juga cukup hingga Lebaran nanti," tuturnya.
Jember (ANTARA) - Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengecek stabilitas harga kebutuhan bahan pokok pada awal Ramadhan 1440 Hijriah dengan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional di kawasan kota Jember, Jawa Timur, Rabu.

"Hari ini ada dua tim Satgas Pangan yang melakukan inspeksi mendadak ke empat pasar tradisional di Jember yakni Pasar Mangli, Pasar Tanjung, Pasar Kreyongan, dan Pasar Bungur untuk memantau harga kebutuhan pokok," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember Indah Dwi Budi Artini usai inspeksi di Pasar Tanjung Jember.

Menurutnya, Satgas Pangan turun ke beberapa pasar tradisional untuk mengecek harga sembako dan memastikan ketersediaan bahan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Jember.

"Alhamdulillah hasil inspeksi mendadak yang dilakukan kedua tim Satgas Pangan di beberapa pasar tradisional yakni harga kebutuhan bahan pokok masih stabil dan ketersediaan komoditas pangan juga cukup hingga Lebaran nanti," tuturnya.

Ia menjelaskan beberapa komoditas pangan yang dicek harga dan ketersediaannya di pasar tradisional diantaranya daging sapi, daging ayam ras, daging ayam kampung, telur ayam ras, minyak goreng, bawang merah, dan bawang putih.

"Harga bawang putih sempat melambung tinggi di kisaran Rp60 ribu hingga 65 ribu per kilogram karena stoknya terbatas, namun kini harganya sudah turun menjadi Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram di tangan konsumen," katanya.

Indah mengatakan tim Satgas Pangan Jember akan terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional, termasuk di kawasan pasar pinggiran hingga Lebaran 2019.

"Berdasarkan hasil inspeksi, tidak ada masalah dengan persediaan barang dan harga bahan pokok masih dinilai stabil, meskipun ada kenaikan beberapa komoditas tapi masih dalam kewajaran," katanya.

Sementara pedagang Pasar Tanjung Jember, Samik mengatakan harga bahan pokok cenderung stabil pada awal Ramadhan 1440 Hijriah seperti minyak goreng dan gula pasir, namun untuk beras masih stabil yakni kisaran Rp10.000 hingga Rp12.000 per kilogram.

"Permintaan untuk beberapa komoditas pangan meningkat seperti gula pasir dan telur ayam ras juga mengalami kenaikan, namun harganya masih tergolong stabil di Jember," ujarnya.

Pantauan di Pasar Tanjung Jember, harga daging sapi masih stabil Rp110.000 per kilogram, harga daging ayam berkisar Rp31.000 hingga Rp33.000 per kilogram, gula pasir Rp11.000 per kilogram, telur ayam ras kisaran Rp22.000 hingga Rp23.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp8.000 per kilogram.

Sedangkan untuk komoditas bawang merah sebesar Rp30.000 per kilogram dan bawang merah mengalami penurunan dari Rp55.000 menjadi Rp45.000 per kilogram, serta cabai rawit mengalami kenaikan dari Rp18.000 menjadi Rp23.000 per kilogram.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok di Jember fluktuatif di awal Ramadhan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar