Jakarta (ANTARA) - Pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Jakarta, Kamis, diperketat menjelang rencana unjuk rasa yang akan dilakukan oleh kelompok yang menamakan dirinya Gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak), Kamis.
 
Pengamanan sudah dilakukan di sekitar Gedung KPU mulai dari halaman Kantor KPU, perempatan Jalan Imam Bonjol, hingga kawasan Taman Suropati.

“Dapat informasi sih massa yang akan datang berjumlah sekitar 1.000 orang,” kata petugas KPU Domu Nadeak yang ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Terlihat bentangan kawat berduri yang berlapis serta ratusan petugas dari satuan Brimob, Polisi, dan TNI memakai perlengkapan lengkap yang dibagi untuk berjaga di Kawasan Taman Suropati hingga halaman dalam Gedung KPU.

Pada hari biasa, pengamanan hanya dilakukan di depan Gedung KPU dengan menggunakan bentangan kawat berduri serta hanya puluhan petugas keamanan saja yang berjaga.

Sebelumnya, tidak ada pengamanan yang dilakukan oleh satuan Brimob sampai ke seluruh Jalan Imam Bonjol hingga Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Pengunjung yang akan masuk ke  kantor KPU pun akan melewati "metal detector" dan pemeriksaan berlapis mulai dari pintu gerbang.

Rencananya pada pukul 12.00 WIB jalan di sekitaran Gedung KPU akan ditutup sementara.
 
Pemeriksaan sebelum memasuki Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019). (ANTARA) (Astrid Faidlatul Habibah)

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah/Unggul Tri Ratomo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019