Jakarta (ANTARA) - Dua wakil Inggris pada semifinal Liga Europa --Chelsea dan Arsenal-- sama-sama memasang tiga penyerang dalam menghadapi lawan mereka masing-masing pada leg kedua kompetisi satu tingkat di bawah Liga Champions itu, Jumat dini hari ini.

Dari starting line-up kedua tim, pada laman UEFA dan ESPN, tuan rumah Chelsea memasang tiga penyerang dalam formasi dasar 4-3-3 guna menghadapi lawannya Eintracht Frankfurt yang sepertinya akan tampil agresif dalam formasi 3-4-1-2.

Di Stamford Bridge ini, Chelsea memposisikan Eden Hazard dan Willian untuk mengapit ujung tombak Olivier Giroud di barisan depan, guna mengobrak-abrik Frankfurt.

Tetapi, sama dengan Chelsea yang memasang empat bek untuk melindungi kiper mereka, Frankfurt sudah siap mematikan inisiatif menyerang Chelsea dengan barisan depan tak kalah mengancam agresif.

Frankfurt menempatkan Luka Jovic dan Ante Rebic yang dilapis Mijat Gacinovic. Ketiganya akan ditopang oleh empat gelandang yang bertugas mempertajam daya gedor sekaligus menjadi lapisan pertama yang meredam serangan Chelsea.

Susunan pemain Chelsea vs Frankfurt
Chelsea:
Kepa Arrizabalaga, David Luiz, Andreas Christensen, Emerson Palmieri, César Azpilicueta, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek, Mateo Kovacic, Olivier Giroud, Eden Hazard, Willian
Frankfurt: Kevin Trapp, Martin Hinteregger, Simon Falette, David Abraham, Makoto Hasebe, Sebastian Rode, Mijat Gacinovic, Filip Kostic, Danny da Costa, Luka Jovic, Ante Rebic

Di Mestalla, Valencia, tuan rumah memasang formasi 4-4-2 dengan menempatkan Kevin Gameiro dan Rodrigo sebagai ujung tombak kembar yang disangga oleh dua gelandang tengah dan dua winger.

Dengan formasi ini, Valencia berusaha meredam agresi Arsenal sejak dini, sekaligus memberi opsi kepada dua penyerangnya untuk seintensif mungkin menusuk daerah pertahanan Arsenal di bawah kawalan empat gelandang.

Arsenal sepertinya tidak mau kalah agresif dengan menempatkan trisula Alexandre Lacazette, Mesut Ozil dan Pierre-Emerick Aubameyang di depan, dalam formasi 3-4-1-2.

Ozil agak ke belakang sehingga berada di antara dua ujung tombak itu, dan empat gelandang. Dua dari empat gelandang itu --Granit Xhaka dan Lucas Torreira-- berfungsi menopang serangan sekaligus menjadi peredam pertama atau perusak inisiatif serangan Valencia dari tengah.

Susunan pemain Valencia vs Arsenal
Valencia:
Neto, Gabriel, Ezequiel Garay, José Gayà, Cristiano Piccini, Francis Coquelin, Dani Parejo, Gonçalo Guedes, Daniel Wass, Kevin Gameiro, Rodrigo
Arsenal: Petr Cech, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Sokratis Papastathopoulos, Granit Xhaka, Lucas Torreira, Mesut Özil, Sead Kolasinac, Ainsley Maitland-Niles, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang

Baca juga: Chelsea, Arsenal bakal kukuhkan dominasi Inggris di Eropa







 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2019