Mari bersama kita perkokoh ukhuwah Islamiyah, demi persatuan dan kesatuan bangsa khususnya seluruh masyarakat Kota Medan
Medan (ANTARA) - Walikota Medan, Sumatera Utara, Tengku Dzulmi Eldin, menggelar jamuan buka puasa bersama dengan unsur pendidikan dan kesehatan se-Kota Medan, di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman No. 35, Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan buka puasa bersama pada Minggu (12/5) malam atau hari ketujuh Ramadhan 1440 Hijriah ini mengundang para kepala sekolah SD dan SMP, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan serta kepala puskesmas se-Kota Medan.

Jamuan buka puasa bersama ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkot Medan, sebagai bagian dari wadah bersilaturrahmi antara Wali Kota Medan beserta jajarannya dengan masyarakat.

Selain mempererat tali silaturahmi, momentum buka puasa bersama ini juga dapat mempererat "ukhuwah Islamiyah" antara sesama pelaku pembangunan, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin mengatakan bahwa dalam konteks persatuan sesungguhnya umat Islam khususnya, memiliki peranan yang sangat signifikan.

Kota Medan sendiri, kata Eldin, merupakan simpul dan barometer persatuan di Provinsi Sumatera Utara yang tentunya tidak terlepas dari peranan kaum Muslimin yang sangat kental dengan ukhuwah Islamiyah-nya.

“Umat Islam di Kota Medan memiliki peranan yang penting dalam konteks menjaga persatuan di Provinsi Sumatera Utara ini. Ini sejalan dengan geopolitik Kota Medan yang juga menjadi barometer persatuan bagi daerah-daerah lain di provinsi ini," katanya

Eldin menambahkan, melalui konsep ukhuwah Islamiyah yang dimiliki kaum Muslimin ini akan menjadi penyejuk di tengah-tengah potensi perpecahan dan konflik yang terus mengintai bangsa.

Untuk itu, Eldin mengajak umat Islam untuk terus menjaga tali persaudaraan yang sudah terjalin dengan baik.

“Mari bersama kita perkokoh ukhuwah Islamiyah, demi persatuan dan kesatuan bangsa khususnya seluruh masyarakat Kota Medan,” ujarnya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Wiriya Al Rahman, Asisten Umum Renward Parapat, Kadis Kesehatan Edwin, dan segenap Pimpinan OPD lainnya serta ratusan jama'ah buka puasa bersama.

Acara buka puasa bersama ini juga diisi dengan tausiyah siangkat oleh Ustad Bambang Irawan Hutasuhut.

Usai buka puasa bersama, acara dilanjutkan dengan shalat Magrib berjamaah di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan.

Baca juga: Penyandang tunanetra di Medan gelar tadarus bersama selama Ramadhan

Baca juga: PGN Medan pastikan pasokan gas bumi aman selama Ramadhan


Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019