Keuangan sejauh ini merupakan beban utama bagi pasar lokal karena beberapa alasan berbeda
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Senin, karena kemerosotan sektor perbankan mengimbangi kenaikan di sejumlah sektor utama lainnya.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 13,30 poin atau 0,21 persen menjadi 6.297,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 11,80 poin atau 0,18 persen menjadi 6.381,30 poin.

"Keuangan sejauh ini merupakan beban utama bagi pasar lokal karena beberapa alasan berbeda," kata analis pasar Commsec, James Tao.

"Sejumlah bank besar melakukan perdagangan ex-dividen minggu ini dengan ANZ Bank dan Macquarie Group hari ini."

Saham bank Commonwealth merosot karena rilis pembaruan kuartal ketiga yang lebih lemah dari perkiraan perusahaan.

Sementara itu, sebut Xinhua, sektor material dan industri melonjak seperti halnya layanan kesehatan dan komunikasi, membatasi kerugian yang lebih luas untuk indeks.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia merosot, dengan Commonwealth Bank turun 2,52 persen, ANZ turun 3,89 persen, National Australia Bank turun 1,97 persen, dan Westpac Bank turun 0,37 persen.

Saham-saham pertambangan bervariasi, dengan Rio Tinto naik 0,80 persen, Fortescue Metals turun 0,13 persen, BHP naik 0,35 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,51 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas sebagian besar lebih rendah, dengan Oil Search turun 0,79 persen, Santos tidak berubah, dan Woodside Petroleum turun 0,45 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat, dengan Coles naik 0,55 persen, dan Woolworths naik 0,55 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 1,17 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas turun 0,19 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 1,42 persen.

Baca juga: Pasar saham Aussie dibuka lebih rendah terseret sektor keuangan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019