Jakarta (ANTARA) - Operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) menargetkan, Liga 1 Indonesia musim 2019 dapat berjalan lebih semarak dan kompetitif daripada tahun sebelumnya.

"Pada Liga 1 musim lalu penentuan juara dan tim degradasi diketahui di pekan terakhir. Lalu ada sekitar 3,1 juta penonton yang datang ke stadion dalam satu musim. Kami berharap di tahun 2019 liga dapat bergulir dengan lebih semarak dan kompetitif," ujar Direktur PT LIB Dirk Soplanit usai konferensi pers peluncuran Liga 1 2019 di Jakarta, Senin.

Demi mewujudkan hal tersebut, Dirk melanjutkan, pihaknya berusaha keras mempersiapkan semuanya dengan baik.

PT LIB menjalin kerja sama erat dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk melakukan verifikasi langsung di lapangan sebelum liga bergulir.

Sementara untuk teknis pertandingan, LIB di tahun 2019 memaksimalkan keberadaan Badan Independen Wasit Profesional Indonesia yang dibentuk PSSI di awal Mei 2019.

Badan tersebut akan menjadi satu-satunya yang berhak mengatur dan mengawasi kinerja wasit. Ini berbeda dengan tahun lalu di mana PSSI dan LIB turun tangan dalam penugasan wasit.

Situasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan klub-klub peserta terhadap wasit yang memimpin jalannya laga.

"Jadi selama ini wasit diatur dan ditugaskan PSSI. Kali ini, PSSI dan LIB tidak ikut campur karena semua dikelola oleh badan independen," kata Dirk.

Lalu, terkait potensi kerusuhan antar suporter yang di tahun 2018 menelan beberapa korban jiwa, PT LIB berupaya agar kondisi tersebut dapat diantisipasi.

Kuncinya yaitu meningkatkan kemitraan yang erat dengan aparat keamanan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria meminta semua pihak memberikan waktu dan kepercayaan kepada penyelenggara untuk menggulirkan Liga 1 Indonesia 2019.

Ratu Tisha menyebut PSSI sudah menyediakan semua sarana termasuk soal mengantisipasi pengaturan skor.

"Kalau untuk pengaturan skor, PSSI sudah ada Komite Ad Hoc Integritas PSSI," kata Ratu Tisha.

Liga 1 Indonesia 2019 akan dimulai pada Rabu (15/5) dengan laga pembuka PSS Sleman melawan Arema FC.

Peluncuran Liga 1 ini dilakukan di Jakarta, Senin ini, yang dihadiri oleh perwakilan PSSI, sponsor, LIB, BOPI serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Adapun nama Liga 1 musim terkini adalah Shopee Liga 1 Indonesia 2019, sesuai dengan nama sponsor utama Liga 1 untuk tahun 2019.

Baca juga: LIB tidak yakin PSSI tunjuk operator baru untuk Liga 1

Baca juga: Timnas jadi pertimbangan utama LIB tentukan jadwal Liga 1


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019