counter

Layanan penukaran uang Lebaran disiapkan di 17 "rest area" jalan tol

Layanan penukaran uang Lebaran disiapkan di 17 "rest area" jalan tol

Suasana rest area atau tempat istirahat Tol Trans Jawa KM 597 B jalan tol Ngawi -Kertosono beberapa waktu lalu. ANTARA/Aji Cakti/aa

Surabaya (ANTARA) - Bank Indonesia Kantor wilayah Jawa Timur akan menyiapkan layanan penukaran uang tunai di 17 "rest area" atau tempat peristirahatan sementara di delapan ruas tol wilayah itu, untuk memfasilitasi penukaran uang bagi pemudik yang melintasi jalan tol.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Yudi Harymukti di Surabaya, Kamis mengatakan, penyediaan penukaran uang di rest area itu dilakukan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan.

Ia mengatakan, penyediaan fasilitasi itu disebut dengan Layanan Gerak Perbankan, dan mulai tersedia tanggal 28 Mei sampai 4 Juni 2019 setiap hari Selasa dan Kamis.

Ruas tol yang disiapkan layanan penukaran uang antara lain Surabaya-Gempol, Surabaya-Gresik, Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Jombang, Gempol-Pasuruan, Ngawi-Kertosono, Pandaan-Malang dan Pasuruan-Probolinggo.

"Untuk nilai maksimal yang dapat ditukarkan oleh satu orang di rest area adalah sebesar Rp3,7 juta yang terdiri dari pecahan Rp2.000 hingga Rp20.000," kata Yudi, menjelaskan.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur memprediksi kebutuhan uang tunai di wilayah itu selama Ramadhan dan Lebaran 2019 mencapai Rp33,4 triliun.

Total prediksi kebutuhan itu meningkat 14,77 persen dibanding 2018, dan khususnya Surabaya, diperkirakan kebutuhannya mencapai Rp17,1 triliun.

Baca juga: Pengelola tol Jatim ingin hias rest area agar "Instagramable"

BI Malang alokasikan Rp53 miliar penukaran uang baru

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar