counter

Telkomsel jamin komunikasi pelanggan saat Lebaran

Telkomsel jamin komunikasi pelanggan saat Lebaran

Jajaran pejabat Telkomsel nenjelaskan kesiapan jaringan dan produk perusahaan itu pada RAFI 2019. (Antara Sumut/Istimewa)

Telkomsel sudah benar - benar menyiapkan infrastruktur, produk dan layanan pada Ramadhan dan Idul Fitri
Medan (ANTARA) - Manajemen Telkomsel menjamin kenyamanan komunikasi pelanggan pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019 karena sudah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik jalur mudik dan pusat keramaian publik.

"Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 156 POI (Point of Interest) di wilayah Sumatera meliputi bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dermaga serta lainnya dan sudah disiapkan jaringan terbaik," ujar Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel Paulus Djatmiko, di Medan, Kamis.

Dia mengatakan itu dalam telekonpres dari Palembang tentang kesiapan Telkomsel menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri dengan media di wilayah Sumbagut.

Dia.menyebutkan, untuk memaksimalkan kualitas jaringan pada lokasi-lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan pada momen Ramadhan dan Idul Fitri ini, Telkomsel menyiagakan sebanyak lima unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) atau mobile BTS (MBTS).

"MBTS memang berkurang atau lima karena daerah - daerah publik yang sebelumnya disiagkan MBTS, sudah menjadi BTS permanen memperkuat kualitas jaringan yang sebelumnya sudah ada," katanya

Secara khusus, Telkomsel sendiri telah membangun 102 Base Transceiver Station (BTS) Multi-band LTE di seluruh Sumatera.

"Telkomsel sudah benar - benar menyiapkan infrastruktur, produk dan layanan pada Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.

Vice President ICT Network Management Area Sumatera Telkomsel Awal R. Chalik menyebutkan, Ramadhan dan Idul Fitri menjadi momentum yang menguji kualitas jaringan Telkomsel.

Telkomsel memperkirakan lonjakan layanan data (payload) pada Ramadhan dan Idul Fitri 2019 terjadi sekitar 5.449 terabyte atau naik 76 persen dibandingkan tahun lalu.

"Adapun trafik layanan suara lebih dari 415 juta menit dan trafik SMS sekitar 41 juta SMS per hari," katanya.

Dia juga menegaskan untuk di jalan utama dan jalan Tol Trans Sumatra kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 90,34 persen dengan "success call" mencapai 98,18 persen.

"Untuk kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel sudah menggelar 'drive test' rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dengan total jarak tempuh lebih dari 12.000 kilometer, " katanya.

Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung mengatakan, di samping meningkatkan kualitas jaringan, manajemen juga memastikan kesiapan produk untuk konsumen.

Produk -produk itu antara lain ditempatkan di Posko Mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi.

Selain itu, katanya, seluruh "channnel" pelayanan "existing"Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama RAFI 2019.

Sebanyak 116 GraPARI, 189 Mobile GraPari, 17 unit layanan digital self service MyGraPARI dan 262 banch office (Telkomsel Distribution Center) sudah disiagakan di Sumatera.

Mitra distributor Telkomsel, katanya juga sudah siaga menjaga ketersediaan produk selama momen tahunan itu berlangsung.

Baca juga: Hadapi RAFI 2019 Telkomsel bangun 10 ribu BTS LTE

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar