Dishub Sumsel: arus mudik jalur darat akan lancar

Dishub Sumsel: arus mudik jalur darat akan lancar

Kadishub Sumsel.dok ANTARA

Palembang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Sumatera Selatan memperkirakan arus mudik jalur darat akan lancar karena tol Palembang - Lampung sudah bisa dilalui.

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Nelson Firdaus di Palembang, Jumat mengatakan, Menteri Perhubungan dan Menteri PUPR telah melakukan peninjauan tol tersebut dan menyatakan jalur tersebut sudah siap dilalui.

Para pemudik yang biasanya melewati jalur Lintas Timur Sumatera sudah bisa melalui jalan tol karena direncanakan akan dibuka saat mudik Lebaran nanti.

Tol tersebut memang baru bisa difungsionalkan, belum dioperasionalkan, tapi kalau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memang sudah beroperasi, ujar dia.

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang memang baru fungsional, sedangkan untuk jalur Kayuagung-Palembang baru bisa difungsionalkan pada Lebaran mendatang.

Yang jelas dengan dapat dilalui jalur tersebut maka diperkirakan pemudik akan menjadi lancar karena ada pilihan jalan.

Memang, lanjut dia, kendaraan dan waktu sendiri akan dibatasi karena tol tersebut belum operasional dan hanya fungsional atau difungsikan.

Sementara mengenai persiapan mudik sendiri, dia mengatakan, secara umum tidak ada hambatan karena pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi secara intern.

Begitu pula jalan Provinsi yang mengalami kerusakan sekarang ini sedang diperbaiki sehingga saat mudik nanti tidak ada kendala lagi.

Bahkan Gubernur Sumsel Herman Deru terus mengawasi perkembangan perbaikan jalan tersebut agar selesai tempat waktu sehingga pemudik menjadi nyaman. (*)

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar