counter

KAI optimalkan perawatan lokomotif, rangka bawah prioritas dicek

KAI optimalkan perawatan lokomotif, rangka bawah prioritas dicek

Petugas memeriksa lokomotif di Depo lokomotif PT KAI Daop 9 Jember (Zumrotun Solichah)

...dengan menitikberatkan rangka lokomotif, karena kalau mengalami kerusakan maka akan berdampak keluar dari rel
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoptimalkan perawatan lokomotif menjelang masa angkutan Lebaran 2019 untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api.

"Perawatan dan perbaikan lokomotif kereta di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember dilakukan secara rutin, namun pemeriksaannya lebih maksimal lagi menjelang masa angkutan Lebaran 2019," kata Kepala Depo Lokomotif Daop 9 Jember Samsul Arifin di Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Usai melakukan perjalanan melayani angkutan kereta api, lokomotif langsung dimasukkan ke dalam depo lokomotif untuk menjalani pemeriksaan kelayakan jalan dan perawatan di seluruh bagian lokomotif.

"Petugas melakukan perawatan lokomotif agar sarana lokomotif handal dan jangan sampai ada gangguan selama membawa rangkaian kereta dalam perjalanan," tuturnya.

Menurutnya beberapa komponen yang diperiksa dan dirawat adalah kaki lokomotif yang terdiri dari rangka bawah hingga roda penggerak, diesel, kelistrikan, mesin, alat komunikasi, dan komponen lainnya, agar tidak ada kerusakan di bagian lokomotif.

"Semua bagian menjadi prioritas dalam pemeriksaan dan perawatan, namun yang menjadi prioritas utama adalah bagian rangka bawah kereta dengan menitikberatkan rangka lokomotif, karena kalau mengalami kerusakan maka akan berdampak keluar dari rel, sehingga bisa membahayakan keselamatan penumpang kereta," katanya.

Sementara Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif mengatakan titik berat pelaksanaan angkutan Lebaran terletak pada faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan kereta api, sehingga pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya guna persiapan menyambut angkutan Lebaran 2019.

"Petugas telah melakukan pemeriksaan detail yang berkesinambungan di seluruh lintas sampai dengan batas wilayah Daop 9 Jember di antaranya pemeriksaan lintas dengan lori dresin maupun dengan jalan kaki," tuturnya.

Selama masa angkutan Lebaran 2019, lanjut dia, ada penambahan petugas pemeriksaan jalur ekstra (PPJ Ekstra) mulai dari Resort 9.1 Pasuruan, Resort 9.2 Probolinggo, Resort 9.3 Leces, Resort 9.4 Klakah, Resort 9.5 Jatiroto, Resort 9.6 Jember, Resort 9.7 Kalisat, Resort 9.8 Kalibaru, Resort 9.9 Banyuwangi dengan tenaga ekstra sebanyak 28 orang.

"PT KAI Daop 9 Jember juga memastikan dari pemeriksaan secara teknis, mulai dari kesiapan sarana, prasarana dan sumber daya manusia (SDM) yang hasilnya tidak ditemukan kendala yang dapat menganggu perjalanan kereta dan siap menyambut angkutan Lebaran 2019," katanya.


Baca juga: KAI tambah rangkaian KA Mutiara Timur pada mudik Lebaran 2019

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ketersediaan tiket Lebaran Daop 7 Madiun menipis

Komentar