counter

Liga Jerman

Muenchen pastikan gelar juara Liga Jerman usai cukur Frankfurt 5-1

Muenchen pastikan gelar juara Liga Jerman usai cukur Frankfurt 5-1

Para pemain Bayern Muenchen merayakan gol kelima ke gawang Eintracht Franfkurt yang dicetak Arjen Robben dalam laga pamungkas Liga Jerman di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Sabtu (18/5/2019). (ANTARA/REUTERS/Michael Dalder)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen memastikan gelar juara Liga Jerman 2018/2019 seusai mencukur tamunya Eintracht Frankfurt dengan skor 5-1 dalam laga pamungkas di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Sabtu.

Kemenangan itu membuat Muenchen menjadi juara dengan perolehan total 78 poin atau unggul dua poin dari pesaing terdekatnya Borussia Dortmund (76) yang harus puas berakhir di posisi kedua, demikian catatan Liga Jerman.

Laga yang menjadi momen perpisahan Arjen Robben dan Franck Ribery dari Liga Jerman itu ditutup manis dengan kedua sayap gaek Muenchen itu turut mencetak gol dalam membantu tim itu meraih gelar ke-29 di kasta tertinggi Jerman.

Gol keduanya melengkapi gol-gol Muenchen yang dibuka oleh Kingsley Coman, David Alaba dan Renato Sanches, sedangkan Frankfurt cuma bisa membalas lewat Sebastien Haller.

Sementara Muenchen memastikan gelar juara, kekalahan itu malah membuat Frankfurt (54) berakhir di peringkat ketujuh klasemen, setelah hampir di sepanjang musim bersaing untuk memperebutkan tiket ke Liga Champions.

Frankfurt kini hanya mendapat satu tiket fase kualifikasi Liga Europa.

Muenchen cuma butuh empat menit untuk membuka keunggulan lewat Coman ketika ia menyelesaikan bola sodoran Thomas Mueller untuk menaklukkan kiper Kevin Trapp.

Trapp lantas melakukan dua penyelamatan gemilang atas peluang Serge Gnabry dan Robert Lewandowski, pada menit ketujuh dan ke-13.

Gnabry sempat sukses menyarangkan bola ke gawang Frankfurt pada menit ke-27, namun golnya dianulir setelah VAR mengkonfirmasi Lewandowski berada dalam posisi offside ketika proses terjadinya gol.

Lima menit memasuki babak kedua, Frankfurt hampir saja membuyarkan pesta Muenchen ketika Haller menyamakan kedudukan lewat sambaran bola muntah hasil tendangan David Abraham yang membentur mistar gawang.

Namun, tiga menit kemudian giliran Muenchen yang memperoleh situasi bola muntah ketika tembakan Mueller gagal diselamatkan sempurna oleh Trapp dan Alaba berada di posisi yang tepat untuk menyambarnya dari jarak dekat demi merestorasi keunggulan timnya.

Lima menit berselang, Sanches memperbesar keunggulan Muenchen menjadi 3-1 setelah ia melakukan penyelesaian dari sudut sempit usai menerima bola dari Coman.

Pada menit ke-69, Joshua Kimmich hampir mencatatkan namanya di papan skor namun bola tembakan kaki kanannya disapu oleh Abraham tepat di garis gawang.

Tiga menit berikutnya, Ribery mencetak gol pamungkasnya di Liga Jerman ketika ia melewati dua bek lawan dan mengecoh Trapp untuk memperbesar keunggulan Muenchen menjadi 4-1. Ribery melakukan selebrasi golnya dengan mengangkat seragamnya dan membaliknya untuk memperlihatkan namanya ke tribun penonton Allianz Arena.

Kemudian pada menit ke-78 giliran Robben yang mencetak gol dengan sebuah sontekan mudah menyambut umpan tarik Alaba. Hampir seluruh pemain Muenchen yang berada di lapangan berkumpul mengerumuni Robben untuk merayakan gol tersebut.

Kemenangan 5-1 memastikan Muenchen menjadi juara dengan penentuan nasibnya sendiri tanpa peduli apapun hasil Dortmund di laga lain.

Baca juga: Rafinha hengkang dari Bayern Muenchen

Baca juga: Muenchen bersemangat pastikan gelar juara di kandang

Susunan pemain:

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Sven Ulreich; Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Thiago Alcantara, Leon Goretzka (Renato Sanches); Serge Gnabry (Arjen Robben), Thomas Muller, Kingsley Coman (Franck Ribery); Robert Lewandowski
Pelatih: Niko Kovac

Eintracht Frankfurt (3-1-4-2): Kevin Trapp; David Abraham, Martin Hinteregger, Makoto Hasebe; Jonathan de Guzman (Sebastien Haller); Danny da Costa, Gelson Fernandes, Mijat Gacinovic, Filip Kostic; Luka Jovic, Ante Rebic (Torro)
Pelatih: Adi Huetter

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar