Kami hanya melayani mereka yang memiliki kupon yang telah dibagikan sebelum dilaksanakannya pasar murah melalui RT dan kepala desa masing-masing
Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dijadwalkan menggelar pasar murah Ramadhan 2019 dengan menjual 1.050 paket sembako mulai 20 Mei 2019  pada tiga kecamatan di kabupaten tersebut. 

"Kegiatan pasar murah ini untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajranor di Muara Teweh, Kalimantan Tengah, Minggu.

Pasar murah yang dilaksanakan di Desa Bukit Sawit (Kecamatan Teweh Selatan) pada 20 Mei 2019 dan Desa Sikui (Kecamatan Teweh Baru) pada  23 Mei 2019. Kedua penyelenggaraan pasar murah itu menggunakan dana dari APBD Kabupaten.

Sedangkan pasar murah di Dusun Parangkampeng (Kecamatan Teweh Tengah) pada 27 Mei 2019 merupakan bantuan dari APBN melalui Pemprov Kalteng masing-masing dijual 350 paket.

"Kami harapkan agar pasar murah ini benar-benar tersalurkan kepada orang-orang yang kurang mampu. Kami hanya melayani mereka yang memiliki kupon yang telah dibagikan sebelum dilaksanakannya pasar murah melalui RT dan kepala desa masing-masing," kata Hajranor.

Dia mengatakan pengurus RT dilibatkan dalam pembagian kupon pasar murah karena dinilai lebih mengetahui keadaan warga yang ada di lingkungan masing-masing, apakah benar termasuk masyarakat tidak mampu.

Dalam pelaksanaan pasar murah ini juga pemerintah memberikan subsidi, karena paket sembako hanya dijual seharga Rp100.000, sementara harga yang di pasaran mencapai Rp145.000 sampai Rp148.000 per paket.

"Paket sembako murah ini di antaranya berisi gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, mie instan, sirup, kopi, dan susu dalam kaleng," ujarnya.

Pewarta: Kasriadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019