counter

Jurnalis bagikan kebutuhan pokok untuk masyarakat pelosok Tasikmalaya

Jurnalis bagikan kebutuhan pokok untuk masyarakat pelosok Tasikmalaya

Sejumlah warga menyaksikan hiburan badut dalam axara Jurnalis Tasikmalaya berbagi di Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019). (ANTARA/Feri Purnama)

Tasikmalaya (ANTARA) - Para jurnalis membagikan seratusan paket kebutuhan pokok untuk masyarakat yang membutuhkan di pelosok Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu, dalam rangka kepeduliaan sosial di Bulan Ramadhan.

Ketua Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya Hendra Herdiana mengatakan, kegiatan sosial itu rutin dilaksanakan setiap Ramadhan dengan membagikan paket kebutuhan pokok bagi masyarakat kurang mampu, jompo dan anak yatim piatu, bahkan memberikan sumbangan untuk masjid dan mushala.

"Selain berupa pemberian barang sebanyak 150 paket, kami juga menggelar hiburan penampilan badut untuk ngabuburit bersama warga sekaligus menghibur anak-anak," kata Hendra.

Ia menuturkan, bakti sosial yang diselenggarakan jurnalis media cetak maupun elektronik di Tasikmalaya itu dilaksanakan di Kampung Pasirpongpok, Kelurahan Leuwigoong, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya dan Kampung Cimanik, Desa Dedeul, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya.

Pembagian paket kebutuhan pokok dan kehadiran badut sulap dari Komunitas Badut Galery Tasikmalaya itu, kata Hendra, disambut antusias warga, rencananya agenda serupa akan dilaksanakan di Kecamatan Cigalontang, Selasa (21/5).

"Kita akan menambah satu target lokasi sasaran yaitu di wilayah Desa Kersamanah, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya dengan warga sasaran yang dibantu sebanyak 100 warga," katanya.

Ia mengungkapkan, kegiatan itu mendapatkan dukungan dari sejumlah lembaga yang rutin ikut berpartisipasi dalam bakti sosial tersebut.

Ia menyebutkan, lembaga yang rutin kerjasama yakni Minimarket Alfamart, JNE, Asia Plaza, Pertamina, organisasi KNPI dan FKPPI Kabupaten Tasikmalaya, PWI Tasikmalaya, Serikat Pekerja BNI, Hotel Horison dan Komunitas Badut Galery Tasikmalaya.

"Di tahun ini cukup membuat terharu, ada salah satu anak kelas 5 SD yang dengan sengaja menyisikan uang jajan mereka untuk ikut serta dalam kegiatan Jurnalis Peduli," katanya.

Sementara itu, kegiatan Jurnalis Peduli telah dilaksanakan sejak 2015 sebagai bentuk kepedulian para jurnalis wilayah Kota/Kabupaten Tasikmalaya terhadap kondisi dan keadaan masyarakat di daerah itu.

Hendra menyampaikan, tugas jurnalis di Tasikmalaya tidak hanya membuat berita, tetapi seringkali di sela-sela kegiatan liputannya mendapatkan informasi adanya masyarakat yang membutuhkan bantuan orang lain.

"Kami menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan acara ini, dari tahun ke tahun kegiatan ini terus bertambah," kata Hendra.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden katakan anak muda layak jadi pemimpin

Komentar