Yogyakarta,  (ANTARA News) - Tokoh nasional Sultan Hamengku Buwono X menyatakan tidak akan menghadiri Konvensi Nasional Dewan Integritas Bangsa (DIB) yang rencananya mulai digelar di Yogyakarta, hari Sabtu, tanggal 10 Januari 2009.

"Saya tidak akan hadir dalam konvensi nasional DIB karena kebetulan ada tugas yang tidak bisa saya tinggalkan yaitu melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),"kata Sri Sultan HB X di Kepatihan, Yogyakarta, Jumat.

Diminta komentarnya tentang keikutsertaan dalam konvensi DIB, Gubernur Provinsi DIY itu mengatakan, pada saat diselenggarakan konvensi nasional tersebut, dirinya harus menyiapkan pergantian personil pejabat di lingkungan Pemprov DIY berkaitan dengan pengisian jabatan sesuai struktur organisasi tata kerja (sotk) baru.

"Saya pastikan tidak dapat hadir dalam konvensi nasional yang digelar DIB di Yogyakarta, hari Sabtu,tanggal 10 Januari 2009," kata Sri Sultan HB X.

Sementara itu, Dewan Integritas Bangsa (DIB) akan menggelar konvensi nasional Capres di 12 kota mulai 10 Januari mendatang di Yogyakarta yang diikuti lima tokoh di antaranya Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Konvensi Nasional Dewan Integritas Bangsa (DIB) untuk mencari calon presiden (capres) alternatif yang akan dilakukan di 12 kota dan dimulai 10 Januari di Yogyakarta, diikuti oleh lima tokoh yakni Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rizal Ramli, Yuddy Chrisnandi, Marwah Daud Ibrahim, Bambang Sulistomo.

Konvensi selanjutnya akan dilakukan di Surabaya (13/1), Denpasar (17/1), Bandung (24/1), Medan (31/1), Banjarmasin (7/2), Makassar (14/2), Manado (16/2), Ambon (21/2), Jayapura (28/2), Palembang (3/2) dan Jakarta (7/3).(*)


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009