Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek fasilitas kesehatan dan kebersihan yang disiapkan pemerintah daerah saat terjadi demonstrasi Selasa dan berlanjut hingga Rabu.

Kedua fasilitas tersebut siaga di sekitar Jl Thamrin yang selama dua hari ini menjadi lokasi demonstrasi untuk menyuarakan ketidakpuasan hasil Pilpres 2019.

Dia meninjau fasilitas kesehatan mobil Ambulans Gawat Darurat (AGD) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta yang telah bersiap siaga dan memastikan kondisi keamanan serta kebersihan di ruas jalan tersebut.

"Saya ke sini mau inspeksi fasilitas kesehatan kita dari semalam. Mereka membawa beberapa orang yang luka ke rumah sakit dan kita pastikan semua dirawat dengan baik," katanya.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersiaga di 25 titik strategis seperti di sekitar KPU dan Bawaslu.

Dinkes Provinsi DKI Jakarta juga menyiagakan 42 puskesmas serta 32 RSUD.

Untuk transportasi pasien, Dinkes Provinsi DKI Jakarta akan mengerahkan 82 unit ambulans dan 15 Unit Respons Cepat (URC)/Ambulans Sepeda Motor dari AGD.

Selain itu, Dinkes Provinsi DKI Jakarta juga menyiagakan 82 dokter, 173 perawat dan 82 pengemudi.

"Kalau tim kesehatan pakainya ambulans. Untuk Satpol PP, mereka membantu tim pengamanan ambulans. Sekitar Tanah Abang ada 300-an personel," katanya.

Selain memastikan kesiapsiagaan tim kesehatan, Gubernur Anies juga meninjau truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Anies memastikan petugas kebersihan akan tetap bertugas tanpa henti, serta menyiagakan empat truk sampah di sekitar lokasi demonstrasi.

“Pasukan kebersihan kita tidak berhenti. Bahkan, di ujung sini di dekat BI, truk kita, stand by di situ, semua tim kebersihan jalan terus. Jadi, bisa dibilang kalau biasanya kerjanya pagi, lalu nanti diberi jeda. Kalau sekarang tidak ada jeda,” kata Gubernur Anies.

Baca juga: Anies: enam orang meninggal dan 200 korban di rumah sakit
Baca juga: Pemerintah perkirakan puncak eskalasi unjuk rasa Rabu




 

Pewarta: Santoso dan Susy
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019