Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation Abdulbar M Mansoer mengatakan Presiden Joko Widodo mengarahkan agar Indonesia juga dapat menyelenggarakan balap mobil Formula 1 atau F1.

"Beliau menyampaikan bahwa F1 ini patut kita jajaki untuk diselenggarakan dalam rangka 'country branding' Indonesia juga dalam memperkuat 'sport tourism' di Indonesia selain MotoGP," kata Abdulbar usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, pada Rabu.

Menurut Abdulbar, balap mobil F1 dapat diselenggarakan di sirkuit yang juga akan menjadi arena ajang balap MotoGP, Sirkuit Mandalika.

Abdulbar menjelaskan pihaknya siap untuk menyelenggarakan kejuaraan balap itu di Lombok.

Baca juga: Jokowi: Pembangunan sirkuit Mandalika Januari 2020

Terkait progres pembangunan Sirkuit Mandalika, dia menjelaskan pembangunan sirkuit akan dimulai pada Oktober 2019.

Pembangunan jalan sepanjang 4,3 kilometer ditargetkan membutuhkan waktu selama 12 bulan.

"Kami langsung dengan desainer treknya mendapat kepastian bahwa bentuk shapenya tidak perlu diubah, hanya ada perlakuan untuk top soil dan ada beberapa sinyal-sinyal atau sensor yang harus kita tambahkan karena sifatnya agak berbeda. Tapi tidak akan mengubah signifikan sekali dari sisi budget atau dari sisi teknis jalan," ungkap Abdulbar.

Sementara itu Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir menjelaskan pertemuannya dengan Presiden membahas progres Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

"Saya sempat melaporkan khusus kepada bapak mengenai Olimpiade dimana Presiden IOC Thomas Bach sangat menyambut karena memang belum pernah ada negara di Asia Tenggara yang berani menyelenggarakan Olimpiade ini," ujar Erick.

Kemudian terkait perhelatan balap F1, Erick menilai tidak akan terjadi pemborosan karena fasilitas yang digunakan adalah sirkuit yang sama dengan MotoGP.

"Kita melihat 'opportunity' ini tidak hanya 'opportunity' sebagai penyelenggara tetapi juga bagaimana kita kaitkan dengan investasi ke depan, investasi tourism," demikian Erick. ***2***

(T.B019/

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019