counter

PT KAI siapkan 59.444 kursi mudik Palembang-Lampung

PT KAI siapkan 59.444 kursi mudik Palembang-Lampung

Stasiun KA Tanjungkarang, Lampung. (antaralampung/emir)

telah dilakukan berbagai persiapan teknis dan nonteknis sejak sebulan terakhir
Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional III Palembang menyiapkan pelayanan mudik Lebaran 2019 sebanyak 59.444 kursi rute Palembang-Tanjungkarang, Lampung dan Palembang-Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Selama masa angkutan Lebaran 29 Mei - 11 Juni 2019 ini secara keseluruhan telah disiapkan 59.444 kurs untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jasa angkutan kereta api yang akan pulang kampung," kata Manager Humas KIA  Divisi Regipnal (Divre) III Palembang Aida Suryanti, di Palembang, Sumaera Selatan, Jumat.

Selama masa angkutan Lebaran, pihaknya setiap hari menyediakan 2.702 kursi  untuk Kereta Api (KA) komersial Sindang Marga Kertapati-Lubuk Linggau, KA ekonomi Serelo Kertapati-Lubuk Linggau, KA komersial Limeks Sriwijaya Kertapati-Tanjungkarang, KA ekonomi Rajabasa Kertapati-Tanjungkarang.

Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang menggunakan angkutan kereta api saat mudik Lebaran , pihaknya sejak sebulan terakhir melakukan berbagai persiapan.

"Menghadapi peningkatan jumlah penumpang menjelang dan pasca- Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada 5 Juni 2019, telah dilakukan berbagai persiapan teknis dan nonteknis sejak sebulan terakhir," ujarnya.

Menurut dia, persiapan yang dilakukan antara lain gerbong kereta tambahan, petugas pelayanan dan pengamanan, serta peralatan untuk mengatasi kerusakan dan gangguan kelancaran perjalanan kereta.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa angkutan kereta api baik rute antarprovinsi Palembang-Lampung maupun rute dalam provinsi  yakni Palembang-Lubuklinggau, pihaknya mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan kereta api.

Khusus untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, pihaknya berupaya meningkatkan pengawasan jalur rawan dengan menyiagakan petugas posko dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas atau kricak, bantalan rel, dan pasir

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tenaga keamanan angkutan Lebaran 2019 dari internal seperti Polsuska dan Satpam, serta eksternal seperti TNI dan Polri.

Tenaga keamanan angkutan Lebaran itu disiapkan untuk mengamankan stasiun kereta api, pengawalan di atas kereta hingga jalur yang dilalui.

"Dengan persiapan maksimal diharapkan pelayanan angkutan Lebaran 2019 ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat pengguna angkutan kereta api," kata Aida.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Daop VI Yogyakarta siapkan 7 rangkaian kereta tambahan

Komentar