counter

Pasar Saham Australia merosot dengan kerugian meluas

Pasar Saham Australia merosot dengan kerugian meluas

ilustrasi foto pasar saham Australia (Foto Istimewa)

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka secara luas lebih rendah pada perdagangan Jumat karena pasar global merasakan cengkeraman ketegangan perdagangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan Cina.

Indeks acuan S&P/ASX 200 dibuka turun 45,30 poin atau 0,70 persen menjadi 6.446,50, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 46,60 poin atau 0,71 persen.

"Investor Eropa dan AS meninggalkan saham dan beralih ke obligasi ketika pembicaraan perdagangan menguat, dan ruang lingkup dari setiap perjanjian akhirnya melebar," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Kedua belah pihak nampaknya tidak akan memberikan alasan untuk memulai kembali perundingan, dan investor sekarang menilai hambatan yang lebih besar pada pertumbuhan global," ujarnya.

Secara lokal, saham energi adalah yang paling terpukul karena harga komoditas anjlok.

"Harga minyak mentah turun sebesar 6 persen - peningkatan persediaan dan penurunan aktivitas manufaktur AS memperburuk kekhawatiran terkait perdagangan tentang permintaan global," kata McCarthy.

Pengecualian untuk tren negatif adalah saham perawatan kesehatan Australia yang melonjak berkat dukungan dari perusahaan biomedis terbesar di negara itu, CSL.

Pada sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia merosot dengan Commonwealth Bank turun 0,90 persen, ANZ turun 1,07 persen, National Australia Bank turun 1,09 persen dan Westpac Bank turun 0,99 persen.

Kondisi itu juga terjadi pada saham pertambangan sebagian besar lebih rendah dengan Rio Tinto turun 0,49 persen, Fortescue Metals turun 1,50 persen, dan BHP turun 0,19 persen. Namun saham penambang emas Newcrest naik (0,76 persen).

Saham produsen minyak dan gas di negara itu anjlok dengan Oil Search turun 2,57 persen, Santos turun 3,88 persen, dan Woodside Petroleum turun 3,19 persen.

Demikian pula saham supermarket terbesar Australia tenggelam dengan Coles turun 0,78 persen dan Woolworths turun 0,68 persen.

Saham raksasa telekomunikasi Telstra pun merosot 0,28 persen, namun saham operator penerbangan nasional Qantas terangkat 0,18 persen dan perusahaan biomedis CSL memantul 0,40 persen.

Baca juga: Saham energi dan keuangan jatuh, bursa Australia ditutup turun

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka melemah terseret saham perbankan

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar