Kegiatan itu sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir dan baru kali ini gagal lelang
Muntok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gagal menyediakan daging sapi murah menjelang Lebaran karena tidak ada peserta lelang.

"Pada awalnya ada sembilan peserta yang ikut lelang pengadaan daging sapi tersebut, namun hingga batas waktu yang ditentukan tidak ada satu pun peserta yang menyerahkan berkas," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Bangka Barat, Miwani di Muntok, Kepulauan Bangka Belitung, Senin.

Menurut dia, program penyediaan daging sapi murah menjelang Lebaran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Bangka Barat untuk membantu masyarakat mendapatkan daging berkualitas dengan harga terjangkau.

Daging sapi murah itu biasanya akan didistribusikan ke seluruh kecamatan hingga desa untuk membantu masyarakat kurang mampu.

"Kegiatan itu sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir dan baru kali ini gagal lelang," katanya.

Rencananya jika kegiatan itu jadi dilaksanakan, pemerintah daerah bersama pemerintah desa akan mendistribusikan ke seluruh desa dengan target 50 keluarga penerima per desa dan didistribusikan sekitar dua hari sebelum hari raya.

"Tahun ini rencananya akan dijual dengan harga Rp75.000 per kilogram, sesuai SK Bupati," katanya.

Menurut dia, jumlah target program itu untuk seluruh Kabupaten Bangka Barat sebanyak 3.200 keluarga, berdasarkan data yang diserahkan pemerintah desa.

"Kami berharap program ini bisa direalisasikan pada pelaksanaan selanjutnya untuk membantu masyarakat mendapatkan daging sapi harga murah di hari raya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019