Dispar prediksi wisata kuliner akan menjadi favorit pada libur Lebaran

Dispar prediksi wisata kuliner akan menjadi favorit pada libur Lebaran

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memprediksi destinasi wisata kuliner di wilayah setempat pada Lebaran 2019 akan menjadi favorit wisatawan pada tahun ini karena adanya perkiraan peningkatan jumlah pemudik dengan kendaraan darat serta masa libur sebelum Lebaran yang lebih panjang dibandingkan setelah Lebaran.

"Kami perkirakan tahun ini destinasi wisata kuliner akan lebih menjadi favorit wisatawan karena meningkatnya pemudik kendaraan darat dan libur sebelum Lebaran yang lebih panjang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Senin.

Menurut dia, masa libur Lebaran 2019, periode libur sebelum Iebaran adalah selama enam hari mulai 30 Mei 2019 sampai 4 Juni 2019 dan periode libur setelah Iebaran selama empat hari 6 hingga 9 Juni 2019.

Kemudian pemudik tahun ini akan ada kenaikan pengguna angkutan darat, baik menggunakan bis AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), kendaraan pribadi maupun kereta api, sebagai akibat mahalnya tiket penerbangan.

"Mengacu pada hal tersebut diatas, destinasi wisata kuliner dan belanja akan menjadi destinasi wisata favorit yang dikunjungi sebagian besar pemudik pada periode 30 Mei 2019 sampai dengan 4 Juni 2019," katanya.

Ia mengatakan, hal tersebut terkait dengan puasa masih berlangsung, sehingga konsentrasi pemudik Iebih pada destinasi untuk berbuka puasa dan berbelanja persiapan Iebaran.

"Dengan kondisi ini maka destinasi wisata kuliner dan wisata belanja diperkirakan akan menjadi pilihan pemudik Lebaran tahun ini," katanya.

Sudarningsih mengatakan, peningkatan kunjungan di destinasi wisata kuliner pada periode 30 Mei 2019 sampai dengan 9 Juni 2019 diperkirakan sebesar 25 hingga 30 persen.

"Destinasi wisata kuliner yang bisa dipilih pemudik selama masa libur Iebaran ini antara lain Enthok Slenget Mbah Tanir, Tongseng Kopyok Mbah Ganis, Jejamuran, Kampung Flory, Jadah Tempe Kaliurang," katanya.

Kemudian kawasan kuliner sepanjang Jalan Kaliurang (termasuk Kopi Klotok, Mangut Lele, Bukan Kopi Luwak, Dapur Warna, kawasan Gudeg Mbarek Jalan Kaliurang, Depok dan SGPC Bu Wiryo.

"Selain itu juga kawasan kuliner sepanjang Jalan Damai, kawasan kuliner ayam goreng Kalasan termasuk Soto Batok Mbah Katro. The Abhayagiri, Djiwangga dan sekitamya, kuliner belut Godean. dan kuliner ikan di kawasan Barat Sleman termasuk Mang Engking, dan The West Lake Resto," katanya.

Baca juga: Destinasi Digital Pasar Ramadhan Banyunibo digelar di Sleman

Baca juga: Kedai Kopi Merapi dilirik jadi potensi wisata kuliner Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar