Meskipun aktivitas tidak kelihatan nyata namun hasil karyanya ibarat gelombang dahsyat yang memberikan pengaruh terhadap peradaban
Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lokakarya ekonomi kreatif dengan tema Tantangan Pengembangan Produk dan Industri Animasi di Kabupaten Sleman untuk meningkatkan dan mengembangkan spektrum potensi ekonomi kreatif di wilayah itu.

Lokakarya yang dilaksanakan di "Sleman Creative Space" Condongcatur, Depok, Sleman, Selasa, tersebut diikuti 30 orang yang berasal dari perguruan tinggi multimedia, SMK multimedia, stasiun televisi dan studio serta para pelaku multimedia.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Eka Prihastana Putra di Sleman, Selasa, mengatakan bahwa penyelenggaraan lokakarya ekonomi kreatif khususnya pada subsektor video, film dan animasi ini penting untuk pengembangan potensi ekonomi kreatif di Sleman.

"Para pelaku ekonomi kreatif subsektor video, film dan animasi adalah generasi yang bergerak dalam diam. Meskipun aktivitas tidak kelihatan secara nyata namun hasil karyanya ibarat gelombang dahsyat yang mampu memberikan pengaruh terhadap peradaban masyarakat dan generasi muda," katanya.

Ia mengatakan Dinas Pariwisata Sleman senantiasa memberikan fasilitasi dan memberikan dukungan yang besar terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

Baca juga: Sleman meluncurkan inovasi "Mas Kliwon" permudah pelayanan perizinan

Baca juga: Pemkab Sleman terus tingkatkan produksi salak pondok


"Saat ini Sleman telah memiliki tiga subsektor unggulan dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, yaitu sub sektor video, film dan animasi, subsektor seni pertunjukan dan sub sektor kriya bambu. Diharapkan mereka dapat lebih berkembang pada sub sektor ekonomi kreatif yang lainnya," katanya.

Hadir sebagai narasumber lokakarya tersebut adalah para praktisi yang berkompeten di bidangnya yaitu Hizka Subiyantoro dari HIZART Studio dengan materi Pengembangan Industri Animasi melalui Festival.

Narasumber lain yakni, Hery Soelistio dari MSV Picture dengan materi Pengembangan SDM Animasi dengan moderator Randy Catono dari Animars Studio.

Baca juga: Pemkab Sleman berikan fasilitas obat penyakit ternak LSD gratis

Baca juga: BPH Migas laksanakan pengawasan pembangunan jargas di Sleman


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023