Ikuti prosedur yang ada dan tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi, dan jangan lupa bahwa keselamatan juga merupakan faktor yang penting
Bandarlampung (ANTARA) - Basarnas Lampung menggelar apel pelaksanaan siaga khusus untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"Siaga SAR khusus arus mudik dan balik akan dimulai sejak tanggal 28 Mei 2019 hingga 13 Juni 2019," kata Kepala Basarnas Lampung Jumaril di Lampung Selatan, Senin.

Jumaril mengatakan Basarnas menggelar apel dalam rangka kesiapsiagaan Basarnas Lampung untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Selain itu, katanya, agar terwujud pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, dan andal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait, seperti Polri, Dinas Perhubungan, dan pemda dalam rangka pemantauan.

"Kesiapsiagaan SAR dalam rangka angkutan Lebaran adalah agenda yang kita laksanakan setiap tahun, namun jangan kita jadikan kegiatan yang monoton atau rutinitas. Kita harus ada peningkatan dari tahun ke tahun, baik kesiapan personel, peralatan, keterampilan, dan kesigapan," kata dia.

Pada kegiatan itu, Jumaril memerintahkan personelnya tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai apa yang menjadi tupoksi Basarnas Lampung.

Dia meminta personelnya tidak lengah bahwa tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada siaga angkutan Lebaran melainkan juga masih banyak potensi kecelakaan di luar yang membutuhkan penanganan bilamana terjadi.

"Di sinilah kita harus ekstra waspada karena pada saat ini perhatian kita akan antisipasi kecelakaan dan bencana menjadi lebih kompleks dan membutuhkan perhatian yang lebih," kata dia.

Dia mengharapkan personel siaga angkutan Lebaran 2019 bisa menjaga sikap yang sopan dan santun, serta baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Ikuti prosedur yang ada dan tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi, dan jangan lupa bahwa keselamatan juga merupakan faktor yang penting," kata dia.
 

Pewarta: Triono Subagyo dan Damiri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019