Batusangkar  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menyiapkan 10 objek wisata unggulan di daerah itu untuk menyambut libur Lebaran 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Abdul Hakim di Batusangkar, Rabu, mengatakan 10 objek wisata tersebut adalah Istano Basa Pagaruyung, Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Batu Angkek-angkek Tanjung Sungayang.

Selain itu, objek wisata Pemandian Aie Panas Padang Ganting, Tenun Pandai Sikek, Air Terjun Lembah Anai, Aua Sarumpun, Tanjung Mutiara Danau Singkarak, dan Nagari Tuo Pariangan.

Menurut dia, kunjungan wisatawan saat libur Lebaran ke Tanah Datar akan meningkat, terutama kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung sehingga perlu persiapan sebaik mungkin.

Ia mengatakan Dinas Parpora telah melakukan pembenahan di sejumlah destinasi unggulan itu agar para wisatawan merasa aman dan nyaman selama liburan di Tanah Datar.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) hingga pemuda setempat untuk menciptakan Sapta Pesona Wisata.

Menurut dia, masalah parkir dan harga makanan yang bervariasi selama ini menjadi keluhan wisatawan ke Tanah Datar telah dibicarakan dan mendapat perhatian dari pemerintah.

"Masalah parkir telah kita tetapkan dan dibicarakan dengan pemuka masyarakat dan pemuda setempat. Begitu juga dengan harga makanan, kalau perlu kita buatkan menu harganya agar pengunjung tidak ragu atau kecewa setelah membayar," katanya.

Ia juga mengajak pihak terkait selama libur Lebaran terlibat dalam pengawasan dan ketertiban tempat-tempat wisata untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung ke Tanah Datar.

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019