Jakarta (ANTARA) - Kondisi Terminal Pulo Gebang pada H-5 lebaran atau 31 Mei 2019 terpantau mulai ramai namun masih lancar dan tidak ada antrean calon pemudik.

"Hari ini belum puncak arus mudik, karena masih ada yang masuk kerja besok, memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019," kata Petugas Operasional Terminal Pulo Gebang, Krisna Febriatma di Jakarta, Jumat.

Sampai Jumat sore, jumlah bus yang berangkat sebanyak 297 armada yang mengangkut 9.087 penumpang.

"Untuk jalur masuk dan keluar terminal juga masih lancar, kita memprediksi lonjakan penumpang baru pada H-4 dan H-3," kata dia.
Suasana keberangkatan pemudik tujuan Jawa Tengah, di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Jumat, (31/05/2019) (Boyke Ledy Watra)
Perusahaan bus yang aktif beroperasi di Terminal Pulo Gebang berjumlah sebanyak 96 perusahaan yang melayani rute seluruh Pulau Jawa, Sumatera, Bali dan rute terjauh NTB.

Kepadatan calon pemudik terlihat di kantor pengelola tiket bus PO Sinar Jaya, karena perusahaan itu menjual tiket lebaran per hari keberangkatan.

"Kalau perusahaan bus lain kan bisa menjual jauh hari, tapi Sinar Jaya tidak bisa, aturan mereka menjualnya pada saat arus mudik," katanya.

Seorang penumpang tujuan Purworejo, Harjatmo mengatakan, kondisi terminal keberangkatan cukup kondusif dan tidak ada antrean panjang para penumpang.

"Saya jam 12.00 WIB tadi datang ke sini, tak lama langsung dapat tiket, naik PO Sinar Jaya, karena perusahaan ini membuka penjualan tiket pas saat arus mudik, bukan sudah habis terjual jauh hari," ujarnya.
Baca juga: Mal Terminal Pulogebang area favorit pemudik tunggu keberangkatan
Baca juga: Lonjakan penumpang tiga kali lipat di Terminal Pulogebang
Baca juga: Fasilitas bantuan korban kejahatan ada di terminal Pulogebang

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019