Garut (ANTARA) - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari beberapa kementerian dan perguruan tinggi negeri mengikuti upacara Hari Kelahiran Pancasila di lapangan upacara Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, dalam rangka mengingat pendiri bangsa yang telah berjasa mempersatukan keberagaman rakyat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sekretaris Daerah Pemkab Garut, Deni Suherlan mengatakan, ada banyak ASN dari lingkungan pemerintahan luar Garut seperti dari kementerian ikut bergabung memperingati Hari Kelahiran Pancasila di Garut.

"Ada banyak ASN dari sejumlah kementerian yang ikut, mereka sengaja upacara di sini karena sedang di Garut," kata Deni.

Ia menyampaikan, para ASN luar daerah itu akan didata oleh Pemkab Garut lalu didokumentasikan kemudian menjadi bahan laporan ke instansi mereka masing-masing.

"Dalam upacara ini mereka para ASN mendengarkan sambutan tentang makna Pancasila, keikutsertaan ASN ini dilaporkan ke instansinya masing-masing," kata Deni.

Seorang ASN dari Bea Cukai, Jakarta, Yusman Juandi mengatakan, sengaja ikut upacara memperingati Hari Kelahiran Pancasila sesuai dengan perintah bagi ASN yang sudah pulang kampung dapat ikut upacara di daerahnya masing-masing.

Ia menyampaikan, upacara tersebut bagian dari cara menghormati para pendiri bangsa yang sampai saat ini konsep Pancasila menjadi pegangan bagi warga negara Indonesia.

"Pancasila ini ideologi bangsa yang menjadi pegangan sebagai warga negara Indonesia," kata pria asal Garut itu.

Peserta upacara lainnya dari Kementerian Perindustrian asal Garut, Nunung mengatakan, meskipun perintah dari atasan namun tidak merasa beban untuk mengikuti upacara Hari Kelahiran Pancasila di Garut.

"Saya ikut upacara sama teman-teman kementerian lainnya, senang bisa upacara di Garut, tidak merasa beban," kata perempuan asal Garut itu.

Sementara ASN lain, Irma menambahkan upacara Hari Kelahiran Pancasila itu sudah menjadi kewajiban para ASN untuk mengikutinya di mana pun ASN berada.

Menurut dia, peringatan Hari Kelahiran Pancasila itu bagian upaya untuk menambah semangat ASN dalam menjaga NKRI agar tidak terjadi perpecahan di dalam suatu negara.

"Sebagai ASN bisa terus memupuk jiwa patriot dan diharapkan nilai-nilai Pancasila bisa mempersatukan bangsa Indonesia," kata Irma yang sudah menjalani cuti Lebaran dengan pulang kampung ke Garut.

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tingkat Kabupaten Garut dipimpin langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan kemudian menyampaikan sambutan tertulisnya dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Pancasila mampu menyatukan kehidupan berbangsa kita," kata Bupati saat membacakan sebagian dari sambutan tersebut.

Baca juga: Kelahiran Pancasila untuk memperbaiki pola kehidupan berbangsa

Baca juga: Wisatawan Borobudur disuguhi pameran kelahiran Pancasila

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019