Gunungputri, Bogor (ANTARA) - Selain kalangan pejabat, masyarakat umum juga nampak berdatangan ke rumah duka Ani Yudhoyono istri Presiden Republik Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (2/6/2019).

Jika para pejabat hadir menggunakan mobil bahkan mendapatkan pengawalan dari polisi, tak sedikit masyarakat yang hadir dengan berjalan kaki menuju tempat persemayaman jenazah Ani Yudhoyono.

Hingga pukul 08.30 WIB, masyarakat yang datang diperkenankan masuk lewat pintu utama rumah duka, dengan diperiksa terlebih dahulu menggunakan metal detector.

Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani mengatakan, mulai pukul 08.00 WIB jenazah disemayamkan di Pendopo Cikeas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk memberikan kesempatan pada masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir.

Menurutnya, akan ada dua kali upacara menjelang pemakaman jenazah Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

"Upacara persemayaman jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, kemudian upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Kalibata Jakarta," kata Ni Luh dalam keterangan tertulisnya.

Upacara persemayaman dijadwalkan berlangsung setelah shalat dzuhur berjamaah dan shalat jenazah di Pendopo Cikeas, kemudian berlanjut ke lokasi pemakaman di TMP Kalibata Jakarta.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019