Dumai (ANTARA) - Otoritas Bandar Udara Pinang Kampai Kota Dumai, Riau, menyatakan aktivitas arus mudik Lebaran 2019 hingga H-2 atau Senin masih lengang tanpa lonjakan, tercatat sejak H-7 jumlah penumpang singgah hanya sebanyak 2.034 orang.

Kepala Satuan Pelaksana Bandara Pinang Kampai Dinas Perhubungan Dumai Irvan mengatakan, pemudik datang dan berangkat dengan pesawat komersil dan carteran PT Pertamina hanya berkisar 300 hingga 400 orang setiap hari dengan Maskapai Wings Air dan Pelita Air Service.

"Aktivitas penumpang di bandara tetap normal dan tidak ada peningkatan signifikan hingga H-2 Lebaran, dengan rute Dumai Batam, Medan, dan Pekanbaru serta Jakarta pulang-pergi," kata Irvan.

Penerbangan komersil di Bandara PK Dumai ini dilayani dua pesawat Maskapai Wings Air dan Pelita Air Service (PAS) dengan enam hingga delapan rute.

Keberangkatan dan kedatangan pesawat di Bandara Pinang Kampai melayani penumpang dimulai sejak pukul 08.50 WIB hingga pukul 15.15 WIB setiap hari selama Angkutan Lebaran 2019.

Khusus Maskapai PAS, dalam rangka cuti bersama Idul Fitri ditambah penerbangan rute Dumai-Halim Perdanakusuma pulang pergi, yaitu, pada 31 Mei, 3 Juni, 4 Juni, 10 Juni, dan 14 Juni 2019.

"Sedangkan Wings Air tidak ada penambahan. Itu sudah sesuai keputusan," katanya.

Sementara itu, arus mudik di Terminal Penumpang Domestik Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Kota Dumai sejak H-15 atau 21 Mei 2019 hingga H-2 menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah, atau Senin terus dipadati penumpang datang, tercatat sudah mencapai 22.319 orang.

Manager Operasional BUMD PT Pelabuhan Dumai Berseri TM Zalek Usman mengatakan, lonjakan penumpang di Pelabuhan BSJ mulai terjadi sejak H-15 atau 21 Mei 2019, dan pihaknya mengantisipasi dengan penambahan kapal feri penumpang.

"Sebagai pengelola pelabuhan, kami sudah menyiapkan fasilitas umum dan mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang, dan lima kapal ditambah setiap hari," kata Zalek.
 

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019