Arus mudik yang melalui jalan darat ada lonjakan yang berlipat, lega saya. Ternyata apa yang diisukan tentang kenaikan tarif itu tidak kita temukan, karena tarif atas dan bawah harga yang sudah sangat rasional,
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru secara mendadak meninjau lokasi dan kesiapan angkutan mudik Lebaran Idul Fitri1440 H.

Peninjauan antara lain dilaksanakan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, terminal bus, pelabuhan, stasiun kereta api juga tidak luput dari pantauannya.

Gubernur Sumsel usai melakukan peninjauan di Palembang, Selasa mengatakan, saat ini masyarakat ternyata ramai memilih mudik menggunakan jalur darat lantaran infrastruktur yang sudah baik.

Oleh karena itu penumpang arus mudik banyak yang menggunakan moda transportasi melalui angkutan darat.

“Arus mudik yang melalui jalan darat ada lonjakan yang berlipat, lega saya. Ternyata apa yang diisukan tentang kenaikan tarif itu tidak kita temukan, karena tarif atas dan bawah harga yang sudah sangat rasional," ujar gubernur.

Selain itu infrastruktur membaik jadi moda transportasi ini menjadi terbagi jadi tidak tertumpu di angkutan udara saja, tambah dia.

Memang secara rinci peningkatan penumpang dari angkutan darat antar kota antar provinsi maupun antar kota dalam provinsi juga mengalami peningkatan, mengingat pengerjaan permulaan perbaikan infrastruktur di Provinsi Sumsel sudah mulai dirasakan.

Bahkan 80 persen paket perbaikan jalan sudah mulai dikerjakan tapi permulaan pengerjaan, belum pada tingkatan.

Gubernur minta pada Organda untuk meningkatkan pelayanan karena masyarakat sepertinya sudah mulai tertarik lagi naik bis karena tiket terjangkau jarak tempuh menjadi cepat.

Ia mengatakan, pemerintah telah memberikan pelayanan terhadap pembangunan infrastruktur dengan sebaik mungkin.

Kendati pemerintah sudah memberikan kenyamanan dan keamanan dengan baik, ia menghimbau masyarakat agar tetap antisipasi atau tetap menjaga harta benda yang ditinggal maupun yang dibawa terlebih bagi masyarakat yang mudik mengendarai kendaraan pribadi untuk lebih berhati-hati dan jangan memaksakan kalau mengantuk, berhenti lebih baik berhenti.

Gubernur berharap tetap jaga harta benda yang ditinggal maupun dibawa, kemudian yang mengendarai mobil jangan paksakan kalau mengantuk lebih baik berhenti, tambah dia.

Dalam peninjauan secara mendadak itu gubernur mengenakan setelan casual yang menjadi ciri khasnya.
 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019