counter

Yogyakarta terapkan manajemen lalu lintas di sekitar lokasi wisata

Yogyakarta terapkan manajemen lalu lintas di sekitar lokasi wisata

Ilustrasi lalu lintas di sekitar kawasan wisata Taman Sari Yogyakarta (ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menerapkan manajemen lalu lintas di sekitar lokasi wisata, khususnya di GL Zoo dan Taman Sari untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di dua lokasi wisata tersebut.

“Kami lakukan pengaturan khusus untuk bus di sekitar GL Zoo, khususnya di Jalan Veteran agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Rabu.

Bus pariwisata diarahkan untuk memanfaatkan lokasi parkir di sisi barat GL Zoo atau di Jalan Veteran. Namun demikian, bus hanya diperbolehkan melintas di ruas jalan tersebut dari arah utara ke selatan agar tidak ada bus yang saling berpapasan.

“Jalan Veteran tidak terlalu lebar. Jika ada bus pariwisata yang saling berpapasan dari utara dan selatan, maka dimungkinkan akan menimbulkan kemacetan lalu lintas,” katanya.

Selain mengarahkan bus agar memanfaatkan parkir di sisi barat GL Zoo, Windarto juga meminta agar bus tidak parkir di bahu jalan karena bisa menimbulkan hambatan lalu lintas. “Di parkir barat tersebut, bisa menampung sekitar 50 bus,” katanya.

Sedangkan untuk di Jalan Kebun Raya yang berada di sisi timur GL Zoo, masih diperbolehkan untuk digunakan sebagai lokasi parkir. “Masih ada sisa ruang di sisi jalan. Tetapi, parkir harus paralel,” katanya.

Sementara itu, manajemen lalu lintas yang hampir sama juga akan diterapkan di Jalan Taman sekitar Taman Sari yaitu mengatur arus lalu lintas satu arah khusus untuk kendaraan roda empat dari utara ke selatan.

“Rambu-rambu peringatan sudah kami pasang dan pengaturan ini akan dilakukan usai Lebaran. Pengaturan arus satu arah akan diberlakukan terus hingga kondisi lalu lintas kembali normal. Kami inginnya arus tetap lancar,” katanya.

Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung ke Taman Sari disarankan untuk mengakses tempat wisata tersebut dari Ngasem atau dari Jalan Kadipaten Kulon dan bisa keluar dari Alun-Alun Selatan atau melalui Jalan Nogosari.

Sedangkan untuk pengaturan parkir, wisatawan diperbolehkan memarkirkan kendaraannya di satu sisi ruas jalan menghadap ke selatan dengan parkir paralel. “Ada juga lokasi parkir di barat Pasar Ngasem namun kapasitasnya tidak terlalu besar. Jika parkir sudah penuh, maka wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di tepi jalan,” katanya.

Sementara itu, beberapa titik yang diperkirakan mengalami kepadatan lalu lintas selama libur Lebaran di antaranya terjadi di Demangan, sekitar GL Zoo, kawasan Kotabaru di seputar Stadion Kridosono, kawasan Kraton, sekitar Taman Pintar, kawasan Malioboro, dan kawasan Pingit.

Kepadatan lalu lintas di Kota Yogyakarta selama libur Lebaran diperkirakan terjadi hingga akhir pekan.

Atasi kemacetan, jalur Sukajadi-Setiabudi Bandung akan dibuat satu arah

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar