counter

Awali rutinitias dengan prioritas usai liburan

Awali rutinitias dengan prioritas usai liburan

Sejumlah pemudik bersepeda motor dari Pulau Sumatera meninggalkan kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (9/6/2019). Puncak arus balik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi pada H+4 hari Minggu (9/6) karena para pemudik akan kembali bekerja pada hari Senin (10/6). ANTARA FOTO/Dziki Oktomauliyadi/af/hp (ANTARA FOTO/DZIKI OKTOMAULIYADI)

Jakarta (ANTARA) - Kembali menjalani rutinitas pekerjaan setelah menghabiskan liburan panjang menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang, kecuali mereka memulai kegiatan keseharian dengan menetapkan prioritas.

Penulis buku "The Humor Advantage" Michael Kerr, seperti dilansir Gulf News, menyarankan Anda untuk meluangkan waktu beberapa menit merencanakan hari pertama.

Anda perlu fokus pada prioritas dan jangan takut meminta dukungan dari rekan-rekan sekitar agar hari pertama kembali bekerja tidak lagi menjadi mimpi buruk.

Sementara, Psikolog Klinis American University di Uni Emirat Arab Mrabet Jihene menyarankan seseorang untuk menyisihkan waktu sehari sebelum kembali pada realitas hidup.

Baca juga: Periksa tugas di luar jam kerja bisa picu stres

"Hal itu akan membantu Anda menyiapkan hari esok. Memeriksa email, mempersiapkan apa yang dikenakan," kata Mrabet.

Namun, pelatih karir sekaligus penulis buku "Hired! The Guide for the Grad" Ryan Kahn menyarankan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu sekedar memeriksa surel yang mungkin terlewat selama liburan.

Bagaimana pun Anda mengelola hari pertama dengan menentukan prioritas, sebaiknya Anda tidak lupa untuk mengambil istirahat cukup, konsumsi makanan sesuai kebutuhan, dan berolahraga.

Baca juga: Lima tips detoks setelah makan "besar" pada Lebaran

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar