Tokyo (ANTARA) - Ekonomi Jepang tumbuh sedikit lebih cepat dari perkiraan semula pada kuartal pertama, berkat belanja modal yang lebih kuat, tetapi analis mengatakan ketegangan perdagangan global tetap menjadi hambatan pada pertumbuhan dan meningkatkan risiko terhadap prospek negara yang bergantung pada ekspor itu.

Ekonomi terbesar ketiga di dunia ini menghadapi tekanan ke tingkat yang lebih rendah karena semakin meningkatnya perang perdagangan AS-China dan berkurangnya permintaan global, sementara di dalam negeri konsumen enggan untuk berbelanja.

"Meskipun belanja modal direvisi naik, diperkirakan akan memburuk karena permintaan asing terus melemah akibat ketegangan perdagangan AS-China," kata Hiroaki Mutou, kepala ekonom di Tokai Tokyo Research Institute.

"Belanja konsumen tetap lemah karena upah belum naik seperti yang diharapkan sebelumnya. Jika permintaan eksternal semakin memburuk, itu bisa mengurangi sentimen perusahaan dan konsumen serta mengendalikan pengeluaran mereka."

Ekonomi tumbuh secara tahunan 2,2 persen pada Januari-Maret, lebih kuat dari perkiraan ekonom untuk pertumbuhan tahunan 2,1 persen dan angka awal tingkat ekspansi yang sama, data Kantor Kabinet menunjukkan pada Senin.

Tingkat pertumbuhan tahunan diterjemahkan menjadi ekspansi kuartal-ke-kuartal sebesar 0,6 persen dari kuartal sebelumnya, dibandingkan dengan pertumbuhan 0,5 persen dalam proyeksi awal dan perkiraan rata-rata.

Komponen belanja modal dari PDB naik 0,3 persen dari kuartal sebelumnya, terhadap proyeksi rata-rata untuk kenaikan 0,5 persen dan penurunan awal 0,3 persen.

Konsumsi swasta, yang menyumbang sekitar 60 persen dari produk domestik bruto (PDB) turun 0,1 persen pada kuartal pertama dari tiga bulan sebelumnya, tidak berubah dari data awal.

PDB yang direvisi mengkonfirmasi impor turun lebih cepat dari ekspor pada kuartal pertama, menggarisbawahi tekanan meluas di seluruh ekonomi karena konsumen semakin lebih berhati-hati.

Para pemimpin keuangan Kelompok 20 (G20) pada Minggu (9/6/2019) mengatakan bahwa ketegangan perdagangan dan geopolitik telah "meningkat", mengangkat risiko untuk meningkatkan pertumbuhan global, tetapi mereka berhenti meminta resolusi untuk konflik perdagangan AS-China yang kian mendalam.

Bank sentral Jepang (BOJ) adalah salah satu bank sentral utama yang bisa mendapat tekanan untuk meningkatkan program stimulusnya yang sudah masif, karena perselisihan perdagangan menimbulkan kekhawatiran akan resesi global. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan suku bunga dapat dipertahankan sangat rendah untuk setidaknya satu tahun lagi guna mendukung perekonomian.

Ekspor bersih - atau ekspor dikurangi impor - menambahkan 0,4 poin persentase ke pertumbuhan, sementara permintaan domestik berkontribusi 0,1 poin persentase terhadap PDB - keduanya tidak berubah dari angka awal.

Ekspor Jepang mengalami kontraksi untuk bulan kelima pada April karena penurunan pengiriman peralatan pembuatan chip ke China, sementara survei swasta pekan lalu menunjukkan aktivitas manufaktur negara itu berayun kembali ke kontraksi pada Mei karena pesanan ekspor turun pada laju tercepat dalam empat bulan.

Data tersebut menggarisbawahi meningkatnya ancaman terhadap ekonomi dari perang perdagangan China-AS, dan telah memicu spekulasi bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe dapat menunda kenaikan pajak penjualan untuk ketiga kalinya guna menghindari pukulan lebih lanjut terhadap pengeluaran konsumen.

Namun, pemerintah telah mengindikasikan akan melanjutkan kenaikan pajak penjualan menjadi 10 persen dari 8 persen pada Oktober, kecuali terjadi goncangan ekonomi besar pada skala keruntuhan Lehman Brothers pada 2008.

Mutou di Tokai Tokyo Research memperkirakan pemerintah akan menaikkan pajak, mengatakan rencana-rencananya untuk sejumlah langkah stimulus akan membantu mengurangi dampaknya terhadap rumah tangga.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019