counter

Piala Afrika

Mali awali perjalanan dengan gasak Mauritania 4-1

Mali awali perjalanan dengan gasak Mauritania 4-1

Para pemain Mali merayakan gol yang dicetak Adama Traore ke gawang Mauritania dalam pertandingan Grup E Piala Afrika 2019 yang dimainkan di Stadion New Suez, Suez, Mesir, pada Selasa (25/6/2019) dini hari WIB. (ANTARA/REUTERS/SUHAIB SALEM)

Jakarta (ANTARA) - Mali membuka penampilannya di Piala Afrika 2019 dengan mendulang kemenangan 4-1 atas tim debutan Mauritania, dalam pertandingan Grup E yang berlangsung di Stadion New Suez, Mesir,  Selasa pagi WIB.

Gol-gol Mali dibukukan Abdoulaye Diaby, penalti Moussa Marega, Adama Traore (gelandang), dan Adama Traore (pemain sayap) sedangkan satu-satunya gol balasan Mauritania dicetak oleh El Hacen El Id melalui eksekusi penalti, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Berbekal kemenangan ini, Mali untuk sementara memuncaki klasemen Grup E dengan tiga poin, sedangkan Mauritania berada di dasar klasemen tanpa satu pun poin. Dua tim penghuni Grup E lainnya adalah Tunisia dan Angola, yang bermain imbang 1-1 dalam pertandingan yang dimainkan lebih awal.

Berstatus tim debutan tidak membuat Mauritania gugup. Mereka bahkan sempat mengancam pada awal laga ketika Ismael Diakite melepaskan tembakan spekulasi yang melenceng dari sasaran.

Diaby dan Traore menyianyiakan peluang ali, sebelum memecah kebuntuan pada menit ke-37.

Traore mengoper Diaby dan ia melaju melewati para pemain bertahan lawan, sebelum melepaskan sepakan yang tidak bisa dihalau kiper Brahim Souleymane.

Baca juga: Kodjia membuat Pantai Gading rontokkan Afsel 1-0

Souleymane kembali harus memungut bola dari gawangnya pada menit ke-45. Sang kiper melanggar Lassana Coulibaly, yang membuat wasit menunjuk titik putih. Marega yang bertindak sebagai eksekutor dengan tenang menyarangkan bola.

Kelemahan pertahanan Mauritania kembali terekspos pada menit ke-55 melalui laju Traore yang berujung gol ketiga Mali. Namun Mauritania dapat merayakan gol perdana mereka pada Piala Afrika ketika Hacen memasukkan bola dari titik putih setelah Mamadou Fofana menjatuhkan Ismail Diakite di kotak terlarang pada menit ke-72.

Kegembiraan Mauritania tidak bertahan lama karena semenit kemudian pemain pengganti Adama Traore melepaskan sepakan dari luar kotak penalti untuk mengemas gol terakhir pada laga ini.

Susunan pemain:
Mali (4-2-3-1):
Djigui Diarra, Hamari Traore, Molla Wague, Mamadou Fofana, Youssof Kone, Diadie Samassekou, Lassana Coulibaly, Abdoulaye Diaby (Amadou Haidara 87'), Adama Traore (Adama Traore 61') , Moussa Djenepo (Moussa Doumbia 61'), Moussa Marega

Mauritania (4-4-2): Brahim Souleymane, Haruna Adou Demba (Moustapha Diaw 53') , Bakary Ndiaye, Abdoul Ba, Aly Abeid, El Hacen El Id, Khassa Camara (Abdoulaye Sileye Gueye 82'), Mohammed Delah Yaly, Ibrahima Coulibaly (Cheikh Moulaye Khalil 46'), Ismail Diakite, Adama Ba

Baca juga: Aljazair menang meyakinkan 2-0 kontra Kenya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar