counter

Piala Afrika

Nigeria tim pertama ke 16 besar, usai menang tipis atas Guinea

Nigeria tim pertama ke 16 besar, usai menang tipis atas Guinea

Bek tim nasional Nigeria Kenneth Omeruo meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Guinea dalam laga lanjutan penyisihan Grup B Piala Afrika 2019 di Stadion Alexandria, Mesir, Rabu (26/6/2019). (ANTARA/REUTERS/Suhaib Salem)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Nigeria jadi peserta pertama Piala Afrika 2019 yang lolos ke babak 16 besar usai meraih kemenangan tipis 1-0 atas Guinea dalam laga kedua penyisihan Grup B di Stadion Alexandria, Mesir, Rabu.

Sebuah gol tunggal dari Kenneth Omeruo pada menit ke-73 memastikan kemenangan Nigeria di laga tersebut, demikian catatan laman resmi turnamen.

Kendati memulai laga dengan kurang meyakinkan dan mendapati gawang mereka dua kali diancam oleh Guinea pada menit Ibrahima Cisse dan Francois Kamano, Nigeria perlahan mengimbangi permainan lawannya dan serangan berarti pertama mereka dalam situasi sepak pojok hanya berakhir dengan sundulan Wilfred Ndidi yang tipis melenceng dari sasaran.

Gelandang serang Arsenal, Alex Iwobi, sempat hampir membawa Nigeria unggul pada menit ke-37 namun bola tembakan jarak jauhnya masih bisa diamankan kiper Ibrahim Kone.

Iwobi kembali mengancam gawang Guinea pada menit ke-61, namun lagi-lagi sepakannya dari tepian kotak penalti bisa ditepis Kone di sudut kanan atas gawang.

Nigeria akhirnya membuka keunggulan lewat sundulan jarak dekat Omeruo menyambut umpan sepak pojok Moses Simon pada menit ke-73.

Gol itu dilanjutkan dengan koordinasi pertahanan yang rapat dan hampir tanpa celah digalang Nigeria demi mempertahankan keunggulan, bahkan membuat Lass Bangoura memaksakan melepaskan tembakan spekulasi di menit akhir waktu normal yang sayangnya tak mengubah hasil akhir 1-0 bagi Pasukan Elang Super.

Berkat kemenangan tersebut, Nigeria berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi enam poin penuh dan memesan satu tempat di babak 16 besar.

Guinea (1) sementara berada di urutan ketiga, sembari menunggu hasil antara dua tim debutan Madagaskar (1) dan Burundi (1) pada Kamis (27/6) malam WIB.

Jika hasil Madagaskar kontra Burundi berakhir imbang, Nigeria dipastikan lolos ke perempat final sebagai jawara Grup B.

Nigeria juga bisa memastikan hal tersebut, sebagai pemuncak klasemen akhir Grup B, usai memenangi laga pamungkas kontra Madagaskar pada Minggu (30/6).

Baca juga: Kamerun awali upaya pertahankan gelar dengan tundukkan Guinea-Bissau

Bacah juga: Benin tahan imbang 10 pemain


Susunan pemain:

Nigeria (4-2-3-1): Daniel Akpeyi; Chidozie Awaziem, Kenneth Omeruo, Leon Balogun, Ola Aina; Oghenekaro Etebo, Onyinye Ndidi; Moses Simon (Samuel Kalu), Alex Iwobi (Samuel Chukwueze), Ahmed Musa; Odion Ighalo (Ebere Paul Onuachu)
Pelatih: Gernot Rohr

Guinea (4-2-3-1): Ibrahim Kone; Mikael Dyrestam (Ousmane Sidibre), Ernest Seka, Simon Falette, Issiaga Sylla; Amadou Diawara, Ibrahima Cisse; Ibrahima Traore, Naby Keita (Lass Bangoura), Francois Kamano (Bengali-Fode Koita); Sory Kaba
Pelatih: Paul Put

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar