counter

AS puncaki klasemen Grup D setelah tekuk Panama 1-0

AS puncaki klasemen Grup D setelah tekuk Panama 1-0

Penyerang timnas AS Jozy Altidore mencetak gol ke gawang Panama dengan sepakan salto dalam pertandingan Grup D Piala Emas 2019 yang berlangsung di Children's Mercy Park, Kansas, AS pada Kamis (26/6/2019) pagi WIB. (twitter.com/JozyAltidore)

Jakarta (ANTARA) - AS menutup penampilan mereka pada Grup D Piala Emas 2019 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Panama, dalam pertandingan di Children's Mercy Park, Kansas, AS, Kamis pagi ini.

Gol semata wayang Jozy Altidore ini tercipta pada menit ke-66. Dengan hasil ini, AS mengantongi poin sempurna sembilan  sehingga memuncaki klasemen, sedangkan Panama yang mengumpulkan enam poin  menempati peringkat kedua, demikian laporan laman resmi turnamen.

AS mengganti seluruh pemainnya dari tim yang menang 6-0 atas Trinidad and Tobago dalam pertandingan sebelumnya. Mereka mengistirahatkan para pemain kunci seperti Zardes dan Pulisic. Pendekatan serupa juga dilakukan Panama yang pada pertandingan sebelumnya menang 4-2 atas Guyana. Terdapat sembilan perubahan pemain pada kubu Panama dari tim yang menang atas Guyana.

The Yanks mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Peluang pertama mereka dapatkan pada menit ke-16 ketika Jordan Morris mengirim umpan terobosan kepada Jozy Altidore, namun tembakannya melewati tiang kiri gawang. Altidore kembali mengancam gawang Panama lima menit berselang, kali ini tembakan melengkung kaki kirinya ditepis kiper Jose Calderon.

Fidel Escobar menyelamatkan gawang Panama dengan melakukan blok penting pada menit ke-30. Ia menutup pergerakan Jonathan Lewis dan bola kemudian memantul sehingga meninggalkan lapangan.

AS menambah intensitas serangan pada babak kedua dengan beberapa kali mencoba menaklukkan barisan pertahanan Panama namun bola belum pernah sampai sempurna untuk dimaksimalkan Altidore. Pada menit ke-65, pelatih Gregg Belhalter memasukkan Cristian Pulisic untuk menambah daya gedor AS.

Baca juga: Hasil imbang 1-1 lawan Curacao bawa Jamaika ke perempat final

Semenit setelah masuknya Pulisic, AS akhirnya memecahkan kebuntuan. Altidore sukses menyambar bola sundulan yang tidak sempurna untuk dieksekusi dengan sepakan salto. AS unggul 1-0.

Unggul satu gol tidak membuat AS menurunkan tekanan. Mereka kembali menebar ancaman melalui Morris dan Reggie Cannon, namun peluang yang dimiliki keduanya gagal dikonversi menjadi gol.

Altidore kemudian ditarik keluar lapangan untuk digantikan bintang AS Gyasi Zardes pada menit ke-83. Panama sendiri tidak mau menyerah pada sisa waktu pertandingan dengan justru semakin bernafsu menyamakan kedudukan .

Fidel Escobar menjadi pemilik peluang terakhir pada menit ke-90, namun tendangan kaki kirinya melebar ke sisi kanan gawang AS.

Susunan pemain:
AS (4-1-4-1):
Sean Johnson, Reggie Cannon, Omar Gonzalez, Matt Miazga, Daniel Lovitz, Wil Trapp; Jordan Morris (Tyler Boyd 70') , Cristian Roldan, Djordje Mihailovic, Jonathan Lewis (Christian Pulisic 65 ), Jozy Altidore (Gyasi Zardes 83').

Panama (5-4-1): Jose Calderon; Fidel Escobar, Francisco Palacios, Harold Cummings, Adolfo Machado, Kevin Galvan (Michael Murillo 76' ), Jose Fajardo ( Abdiel Arroyo 46' ), Jose Luis Rodriguez, Ernesto Walker, Gabriel Torres ( Edgar Barcenas 68' ), Omar Browne.

Baca juga: Haiti kalahkan Kosta Rika 2-1 pada Piala Emas

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pertemuan hangat Wapres Panama Isabel dan Wapres JK

Komentar