Cikarang Timur, Jawa Barat (ANTARA) - Sundulan Bambang Pamungkas di menit akhir pertandingan membawa Persija Jakarta menaklukkan Borneo FC dengan skor 2-1 pada laga leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Sabtu.

Bambang, yang menggantikan Feby Eka Putra pada menit ke-71', mencetak gol usai menerima umpan Riko Simanjuntak. Gol Persija lainnya dicetak oleh Yan Pieter Nasadit (2'), sementara Terens Puhiri membuat gol untuk Borneo di menit ke-38.

Skor 2-1 membuat Persija tinggal butuh hasil imbang dari laga leg kedua yang berlangsung di markas Borneo FC untuk lolos ke final. Adapun Borneo mesti menang dengan selisih skor lebih dari dua gol supaya dapat melangkah ke babak pamungkas.

Dalam pertandingan tersebut, Persija yang berseragam merah mengambil inisiatif serangan sejak awal.

Hasilnya, melalui serangan cepat, Yan Pieter Nasadit berhasil menghadirkan gol cepat di menit kedua via tendangan dari luar kotak penalti.

Skor 1-0 menyengat para pemain Borneo, yang membutuhkan gol tandang.

Mereka pun mencoba untuk menekan Persija. Setelah beberapa kali mencoba, gol akhirnya datang di menit ke-38.

Terens Puhiri melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan bola tidak dapat dibendung oleh kiper sekaligus kapten Persija Andritany Ardhiyasa.

Skor 1-1 bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, baik Persija dan Borneo sama-sama meningkatkan intensitas serangan.

Hal itu membuat tensi pertandingan menjadi semakin tinggi. Pelanggaran demi pelanggaran pun terjadi.

Ujungnya, pemain Borneo Finky Pasamba, yang sebenarnya baru masuk di menit ke-68 menggantikan Asri Akbar, dikartu merah oleh wasit karena dinilai melanggar keras Riko Simanjuntak.

Melihat lawan memiliki jumlah pemain lebih banyak, Borneo menerapkan strategi bertahan.

Taktik itu membuat Persija semakin leluasa menggempur pertahanan lawan. Gol pun datang untuk skuat berjuluk Macan Kemayoran setelah umpan silang Riko Simanjuntak dari sisi kanan pertahanan Borneo pada menit ke-90+6 disundul masuk ke gawang oleh Bambang Pamungkas.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija: Andritany Ardhiyasa (kapten, 46' Shahar Ginanjar)-pg, Dany Saputra (46', Fitra Ridwan), Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Yan Pieter Nasadit, Feby Eka Putra (71', Bambang Pamungkas), Marko Simic.

Borneo FC: Nadeo Arga Winata-pg, Diego Michiels (kapten), Fathul Rachman, Jan Lammers, Wildansyah, Abrizal Umanailo (84', Makarius Suruan), Asri Akbar (68', Finky Pasamba), Mahadirga Lasut, Terens Puhiri, Matias Conti, Rifal Astori (28', Sutan Samma). 

Baca juga: Ismed berharap Bepe jangan pensiun dahulu

Baca juga: Persija tertinggal 0-2 dari Becamex babak pertama


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019