Kuala Lumpur (ANTARA) - Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Republik Demokratik Timor-Leste, Dr. Dionísio da Costa Babo Soares akan melakukan kunjungan resmi ke Malaysia mulai 1 hingga 2 Juli 2019.

Menurut pernyataan pers Kemenlu Malaysia, Senin, ini akan menjadi kunjungan resmi pertamanya ke Malaysia setelah pengangkatannya sebagai Menteri Luar Negeri ke-7 Timor-Leste pada Juni 2018.

Kunjungan resmi ini akan memberikan dorongan baru dan lebih lanjut meremajakan hubungan persahabatan yang ada antara kedua negara dan untuk mengeksplorasi bidang kerja sama baru untuk kerja sama strategis yang saling menguntungkan dalam perdagangan dan investasi.

Selain memperkuat hubungan bilateral kunjungan resmi juga merupakan bagian dari kunjungannya ke negara-negara ASEAN untuk mendapatkan dukungan bagi upaya Timor-Leste untuk bergabung dengan ASEAN.

Malaysia sepenuhnya mendukung aspirasi Timor-Leste untuk menjadi negara anggota ASEAN.

Baca juga: Indonesia harap perkembangan proses keanggotaan Timor Leste di ASEAN

Malaysia adalah salah satu kolaborator terkuat Timor-Leste sehubungan dengan upaya pembangunan negaranya.

Malaysia secara substansial telah memberikan peningkatan kapasitas dan bantuan teknis antara lain melalui Program Kerjasama Teknis Malaysia (MTCP) serta di sektor pertahanan dan keamanan.

Selama kunjungan, Dr. Babo Soares akan melakukan kunjungan kehormatan ke Menteri Luar Negeri, Dato Sa Saifuddin Abdullah diikuti makan siang.

Dari Januari hingga April 2019 total perdagangan antara Malaysia dan Timor-Leste meningkat 199,8 persen menjadi USD16,0 juta dibandingkan periode yang sama tahun 2018.

Sementara itu pada 2018, Malaysia adalah mitra dagang terbesar ke tujuh Timor Leste, tujuan ekspor terbesar ke sembilan dan sumber impor terbesar ke enam.

Baca juga: Polisi Timor Leste belum deportasi penikam Ramos Horta Soares

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019