counter

Jumlah penumpang pesawat Bandara SMB II turun 21,5 persen

Jumlah penumpang pesawat Bandara SMB II turun 21,5 persen

Kepala BPS Sumsel Endang Triwahyuningsih (paling kanan) (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Jumlah penumpang yang menggunakan transportasi udara di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menurun pada April 2019 karena dipengaruhi tingginya harga tiket.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan, Senin, merilis, jumlah keberangkatan penumpang angkutan udara komersil dari Bandara SMB II pada Mei 2019 sebanyak 122.840 orang. Jumlah tersebut turun 21,56 persen dibanding April 2019 yang tercatat sebesar 156.602 orang.

“Penurunan itu terjadi baik untuk keberangkatan di penerbangan domestik maupun untuk penerbangan internasional,” kata Kepala BPS Sumsel Endang Triwahyuningsih.

Endang melanjutkan penurunan tidak hanya hanya untuk keberangkatan, namun terpantau juga terjadi di kedatangan penumpang.

Jumlah kedatangan penumpang angkutan udara komersil ke Bandara SMB II pada Mei 2019 secara keseluruhan berjumlah 142.526 orang, diketahui menurun 9,58 persen jika dibandingkan bulan April 2019 yang sebanyak 157.626 orang.

Ia menjelaskan Bandara SMB II merupakan pintu gerbang udara wisata yang penting di kawasan Sumatera bagian Selatan, yang melayani penerbangan domestik maupun penerbangan internasional.

Penerbangan domestik yang berasal dari dan tujuan ke Bandara SMB II melayani Jakarta, Batam, Jambi, Medan, Pangkal Pinang, Lampung, Bengkulu, Padang, Tanjung Pandan, Bandung, dan Yogyakarta.

Sementara penerbangan internasional komersial masih terbatas pada dua negara, berasal dan bertujuan dari dan ke Kota Kuala Lumpur di Malaysia serta Singapura.


Baca juga: Selama kenaikan tiket, ribuan penerbangan Bandara SMB dibatalkan
Baca juga: 187.783 orang mudik dan balik melalui Bandara SMB II

 

Melemahnya pertanian dan industri olahan lambatkan pertumbuhan ekonomi Sumbar

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar