counter

Huawei tunggu arahan Kemendag AS terkait Android Google

Huawei tunggu arahan Kemendag AS terkait Android Google

Amerika Serikat mengingatkan negara-negara lain terhadap penggunaan teknologi 5G Huawei (Reuters) (Reuters/)

Beijing (ANTARA) - Huawei China pada Senin mengatakan pihaknya sedang menunggu pengarahan  dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengenai apakah pihaknya dapat kembali menggunakan sistem operasi seluler Android Google untuk ponsel yang akan datang.

"Kami menyambut pernyataan Trump terkait Huawei selama akhir pekan dan akan menunggu arahan dari Departemen Perdagangan namun tidak ada lagi yang perlu ditambahkan untuk saat ini," kata Tim Danks, Wakil Presiden Huawei bidang kehumasan dan manajemen, dalam menanggapi pertanyaan awak media tentang aksesnya ke sistem operasi Android Alphabet Inc tersebut.

Selama akhir pekan, Presiden AS Donald Trump luluh pada pendiriannya terhadap raksasa teknologi China tersebut. Ia juga mengatakan di hadapan para peserta KTT G20 bahwa Amerika Serikat akan memberi lampu hijau untuk ekspansi penjualan pasokan teknologi AS ke Huawei.

Namun Departemen Perdagangan belum mengklarifikasi jika keputusan tersebut memengaruhi akses Huawei ke sistem operasi seluler Android Google dan layanan yang digunakan di ponsel Huawei.

Baca juga: Penjabat kepala anggaran Trump minta penundaan pembatasan atas Huawei
Baca juga: Huawei janjikan pembaruan keamanan seluler selepas penangguhan Google
Baca juga: Google tangguhkan bisnis dengan Huawei setelah "blacklist" Trump


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar