Penjabat kepala anggaran Trump minta penundaan pembatasan atas Huawei

Penjabat kepala anggaran Trump minta penundaan pembatasan atas Huawei

Logo Huawei dan jaringan 5G. (REUTERS/Dado Ruvic/Illustration (REUTERS/DADO RUVIC)

Washington (ANTARA) - Penjabat kepala anggaran pemerintah Presiden AS Donald Trump meminta penundaan dalam pembatasan terhadap produk Huawei Technologies Co Ltd, demikian isi surat kepada Wakil Presiden Mike Pence dan sembilan anggota Kongres.

Surat pada Selasa lalu tersebut dari Penjabat Kepala Anggaran Gedung Putih Russel Vought meminta sebagian pembatasan terhadap penjualan Huawei ditunda selama dua tahun "untuk memastikan pelaksanaan efektif larangan itu tanpa mempengaruhi sasaran keamanan yang diinginkan".

Anggaran pengeluaran 2020 Pentagon, yang ditandatangani menjadi peraturan tahun lalu, telah menempatkan broad ban atas lembaga federal dan kontraktor dengan menggunakan uang federal untuk membeli produk Huawei, dan mengutip keprihatinan keamanan nasional.

Pence belum menanggapi permintaan komentar Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Huawei, pembuat alat jaringan telekomunikasi terbesar di dunia, telah berulangkali membantah perusahaan itu dikuasai oleh Pemerintah China, militer atau dinas intelijen.

Surat tersebut, yang dilihat oleh wartawan Reuters, mengatakan jadwal bagi pembatasan terhadap Huawei akan mengakibatkan "pengurangan dramatis" jumlah kontraktor yang bisa menjual kepada pemerintah AS.

Surat itu meminta pembatasan terhadap pembelian perlengkapan Huawei yang diberlakukan atas kontraktor pemerintah dimulai dalam empat tahun, dan bukan dua tahun. Penundaan tersebut akan memberi "tambahan waktu untuk memikirkan potensi dampak terkait dan kemungkinan penyelesaian".

Perubahan yang diusulkan tersebut juga akan memerlukan lebih banyak forum masyarakat bagi pemasok untuk menyampaikan keprihatinan mengenai berbagai masalah yang berkaitan dengan pembatasan itu.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kembang api hiasi langit Washington untuk malam pertama Biden-Harris

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar